25 Perguruan Tinggi Terbaik Asia Tahun 2018

QS World University Rangkings merilis peringkat kampus terbaik di Asia tahun 2018. Dari jajaran universitas top se-Asia, salah satunya baru bekerja sama dengan Indonesia, lho. Makin penasaran? Kampus best of the best Asia berikut ini bisa jadi pilihan kamu yang bercita-cita kuliah di luar negeri.

1. Nanyang Technological University, Singapura  (peringkat 11 dunia)

Universitas yang baru berdiri tahun 1991 ini berhasil menjadi jawara di Asia dan mengalahkan berbagai perguruan tinggi yang berusia sekitar seabad. Untuk bidang Engineering and Technology, NTU merupakan peringkat 4 terbaik di dunia. Selain itu, program studi yang jadi favorit di NTU adalah seputar Pendidikan, Lingusitik, Manajemen Perhotelan, Komunikasi dan Media Studies, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik Kimia, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, serta Ilmu Sosial.

Di NTU ada banyak mahasiswa internasional ternasuk Indonesia. Bahkan NTU bikin form dan syarat pendaftaran tersendiri untuk siswa Indonesia, yang antara lain mensyaratkan:

  • Nilai rapor SMA
  • Nilai UN
  • TOEFL/SAT / IELTS/ PTE Academic/ACT besarta nilai writing.

2. National  University of Singapore, Singapura (peringkat 15 dunia)

NUS memiliki 38,000 mahasiswa dari sekitar 100 negara. Rame dan beragam banget! Salah satu kekuatan perguruan tinggi yang memiliki 3 kampus ini adalah soal penelitian akademis Terutama untuk riset bidang Teknik, Biomedis, Ilmu Sosial, Ilmu Alam, dan Pertanian. Ada 17 fakultas yang bisa dipilih di NUS, dan hampir semuanya mendapatkan ranking top di dunia. Antara lain, Fakultas Arts and Social Sciences, Business, Computing, Engineering, Music, Medicine, dan Public Health.

3. Tsinghua University, China (peringkat 25 dunia)

Dari tahun ke tahun, perguruan tinggi yang berdiri tahun 1911 ini konsisten menjadi salah satu yang terbaik di dunia dan Asia. Kampus ini terkenal dengan berbagai penelitian dan risetnya serta telah memiliki 149 key research institutes. And the good news is… pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Tsinghua University.

Yup, dalam kunjungan ke China pertengahan Mei lalu, Presiden Jokowi beserta rombongan menteri sempat bertemu dengan Presiden (pimpinan) Tsinghua University. Rencananya, Tsinghua dan Indonesia akan bekerja sama dalam bidang riset dan inovasi. Trus, universitas yang berada di Beijing ini juga menjalin hubungan dengan Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM Indonesia.

"Saya juga harapkan rencana pendirian Pusat Inovasi Tsinghua South East Asia Center dan kerja sama (antara) Kemenperin (dan) Tsinghua dapat segera direalisasikan," kata Pak Jokowi di depan Presiden Universitas Tsinghua. Mudah-mudahan aja kerjasama ini bisa memberikan efek positif untuk pendidikan dan SDM bangsa kita. Dan bukan nggak mungkin next akan berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya. NTU? Harvard? #diamininajah

4. The University of Hong Kong, Hong Kong (peringkat 26 dunia)

Inilah universitas tertua dan terbaik di Hong Kong. The University of Hong Kong juga meraih ranking 27 dunia sebagai universitas dengan riset terbaik dan terdepan. Kampus ini juga memiliki 111 profesor hebat yang diakui dunia. Ada 89 program studi S1 yang ditawarkan di sini, dan pendidikan dokter giginya merupakan nomor wahid di dunia. Wih!

5. The University of Tokyo, Jepang (peringkat 28 dunia)

The University of Tokyo merupakan kampus kebanggaan Jepang yang berdiri sejak 1877. Lulusannya banyak yang sukses bekerja di pemerintahan, bidang akademis, maupun bisnis. Delapan alumninya meraih penghargaan Nobel, sementara 15 alumninya menjadi Perdana Menteri Jepang. Program studi yang ditawarkan beragam, dan bisa dibilang semua prodi adalah unggulan alias punya peringkat baik di dunia. Perguruan tinggi yang memiliki nyaris 10 juta koleksi buku ini juga mensupport startup milik komunitasnya (mahasiswa, pengajar, staf kampus). Sejauh ini sudah ada 280 startup.

6. The Hong Kong University of Technology, Hong Kong (peringkat 30 dunia)

Sama seperti Nanyang, umur kampus yang berdiri tahun 1991 ini tergolong muda, namun prestasinya mendunia. Sains, teknologi, teknik, manajemen dan bisnis, humaniora, serta ilmu sosial merupakan bidang terbaik di kampus ini. Saat ini, ada 14,000 mahasiswa dari 70 negara menimba ilmu di sana.

7. Seoul National of Technology, Korea Selatan (peringkat 36 dunia)

SNU merupakan universitas besar dengan luas 192,366 kilometer persegi, 300 bangunan, dan 23,000 mahasiswa. Perguruan tinggi ini berdiri beberapa bulan setelah kemerdekaan Korea Selatan  di tahun 1946. Kini, prestasi dan performa kampus ini melejit di level dunia. Salah satu program studi yang sangat menonjol di kampus ini adalah yang berkaitan dengan olahraga.

8. Kyoto University, Jepang  (peringkat  36 dunia)

Kalau kamu berencana kuliah di luar negeri, terutama mengambil bidang Teknik atau studi Kimia, kamu patut mempertimbangkan Kyoto University. Pastinya, nggak mudah untuk masuk ke kampus bergengsi di Jepang ini. Perguruan tinggi negeri ini banyak bekerja sama dengan institus pendidikan dunia, termasuk kampus Indonesia seperti UI, UGM, IPB, ITB, Universitas Hasanuddin serta dengan LIPI. Kyoto University juga menjalin kerja sama pertukaran mahasiswa dengan UI.

9. Peking University, China (peringkat 38 dunia)

Terdapat sekitar 93 pilihan program studi S1 di Peking University. Kampus ini memiliki 216 pusat dan institut penelitian. Kampus ini juga berperan sebagai pusat riset dan pengembangan pendidikan.

10. Fudan University, China (peringkat 40 dunia)

Yup, satu lagi universitas di negara China tepatnya di Shanghai yang menonjol di Asia. Bahkan, Fudan University disebut-sebut sebagai kampus yang paling susah ditembus di China, alias susah banget sob, masuk ke sana. Di tahun 2000, Shanghai Medical University bergabung dengan Fudan University.

Universitas Top Asia Lainnya

11. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology, Korea Selatan

12. The Chinese University of Hong Kong, Hong Kong

13. City University of Hong Kong, Hong Kong

14. Tokyo Institute of Technology, Jepang

15. Shanghai Jiao Tong University, China

16. Osaka University, Jepang

17. Pohang University of Science And Technology, Korea Selatan

18. Tohoku University, Jepang

19. National Taiwan University, Taiwan

20. Zhejiang University, China

21. Korea University, Korea Selatan

22. The Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong

23. University of Science and Technology of China, China

24. Yonsei University, Korea Selatan

25. Sungkyunkwan University, Korea Selatan

Untuk perguruan tinggi dari Indonesia, Universitas Indonesia‍ berada pada ranking 67, Institut Teknologi Bandung‍ ranking 79, dan Universitas Gadjah Mada‍ UGM peringkat 88 di Asia.

(sumber gambar: straightimesasia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1