Menu

22 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa (dan Maksud di Baliknya)


Nggak cuma ketika mendaftar kerja atau tes masuk kampus kamu akan menghadapi wawancara, saat mendaftar beasiswa pun ada sesi wawancara sebagai salah satu penentu keberhasilanmu. Nah, dari semua tipe wawancara, menurut saya wawancara untuk beasiswa lah yang paling nggak terduga. Pertanyaannya bisa umum, menguji wawasan, filosofis, sampai yang unik dan nggak disangka.

Sebagai gambaran, Youthmanual menyusun 22 pertanyaan wawancara beasiswa untuk kamu beserta maksud dibalik pertanyaan tersebut. Sebelum wawancara beneran, pastikan kamu bisa menjawab pertanyaan berikut ini.

1. Apa yang kamu ketahui mengenai beasiswa ini? (Kamu tahu nggak, sih, filosofi, program, dan tujuan kami/penyelenggara beasiswa?)

2. Kenapa kamu pantas mendapatkan beasiswa ini? (Apakah kamu merupakan kandidat yang kami inginkan? Apa yang akan kamu lakukan dengan beasiswa ini?)

3. Apa saja kelebihanmu? (Apa saja kekuatan dirimu yang relevan dengan beasiswa ini?)

4. Sebutkan kekuranganmu? (Mudah-mudahan, kamu bisa jujur dalam mengenali dan mengakui kelemahan dirimu.)

5. Apakah kamu layak mendapatkan beasiswa ini? (Kami ingin tahu bagaimana kepercayaan dirimu?)

6. Apa masalah yang dihadapi Indonesia saat ini? (Apakah kamu benar-benar paham dengan isu yang dihadapi masyarakat?)

7. Sabutkan 5 kata yang mewakili dirimu? (Kami pengen tahu lebih banyak tentang dirimu, di luar versi CV. Ayo, dong, buat kami terkesan!)

8. Apa prinsip hidup yang terus kamu pegang? (Kami ingin tahu kepribadianmu.)

9. Apakah kamu pernah gagal? Ceritakan pengalaman gagalmu? (Sebaiknya kamu punya pengalaman gagal, dan ceritakan apa pelajaran yang kamu ambil dari kegagalan tersebut.)

10. Apa pencapain kamu sejauh ini? (Nggak perlu hal yang bombastis, kok. Kami menilai usaha yang kamu lakukan.)

11. Siapa idola kamu? (Idola menunjukkan ingin menjadi seperti siapakah kamu.)

12. Apakah kamu bisa hidup sendiri dan hidup jauh dari orang tua (You better say yes. Apalagi kalau mendaftar beasiswa di luar negeri.)

13. Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus? (Apa manfaat yang bisa kamu berikan pada masyarakat?)

14. Apa yang akan kamu lakukan 10 tahun ke depan? (Kami pengen tahu apakah kamu memiliki goal realistis dan apakah kamu memikirkan rencana untuk mewujudkannya.)

15. Apa buku terakhir yang kamu baca? (Kami ingin tahu seperti apa kamu, dan jangan bohong!)

16. Apa saja kegiatan kamu di luar sekolah? (Kami ingin mengenal dirimu, maka ceritakan tentang aktivitasmu. Jangan cuma dijawab sedikit, ya.)

17. Apa yang kamu lakukan jika bertemu dengan orang yang berbeda pandangan hidup denganmu? (Gimana kamu berhadapan dengan perbedaan dan potensi konflik?)

18. Jika ada orang yang tidak suka denganmu, apa yang akan kamu lakukan? (Kami panasaran bagaimana dengan cara kamu menghadapi konflik dan tekanan.)

19. Jika kamu terpilih menjadi ketua mahasiswa/ketua kelas, apa yang akan kamu lakukan? (Ayo, berpikir kreatif, buat kamu terkesan!)

20. Jika kamu sibuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler/kegiatan mahasiswa sehingga nilai akademik turun, apa yang akan kamu lakukan? (Ingin tahu sejauh apa kamu memikirkan solusinya dan sejauh apa keseriusan kamu dalam menuntut ilmu.)   

21. Kenapa kamu membutuhkan beasiswa ini? (Please, jawab dengan jujur!)

22. Ceritakan pengalaman kamu menjadi leader? (Kami ingin tahu bagaimana potensimu dan kemampuan leadership kamu. Nggak harus organisasi formal, kok. Kamu bisa menjadi leader dengan mengatur kerja kelompok atau mengelola sebuah proyek.)

Good luck!

(sumber gambar: scholarshipnet.info)

 


Bingung Memilih Jurusan Kuliah dan Karier agar sukses di Masa Depan?

Cari tahu minat, potensi dan kemampuanmu. Dapatkan rekomendasi jurusan kuliah dan profesi yang paling sesuai. Daftar sekarang dan gabung dengan ratusan ribu siswa lainnya di platform persiapan kuliah dan karier no 1.


How does it make you feel?

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2017 Youthmanual ©