Menu

Belajar Bahasa Mandarin Mudah dan Cepat dengan Chineasy Rancangan Shaolan Hsueh


Oleh Jane Reggievia Santoso

   

Siapa yang di sini pernah atau sedang belajar bahasa Mandarin? Gimana, seru, asik, penasaran, atau malah bingung? Kemungkinan besar pasti bingung, ya. Saya sendiri sempat kuliah di Tiongkok dan mengambil jurusan Sastra Mandarin.

Buat yang belum tahu, Chinese characters itu buanyak banget jumlahnya, ada belasan ribu karakter. Nah, satu karakter bisa punya arti sendiri, tapi kalau digabung dengan karakter lainnya, artinya beda lagi, sob. Nggak heran menulis (writing) dan membaca (reading) dalam bahasa Mandarin itu memang paling sulit, dibandingkan belajar bicara (speaking).

Rasanya ini nggak sampai setengahnya dari "koleksi" karakter tulisan Mandarin

Beberapa waktu lalu, saya sedang iseng browsing di aplikasi TED dan nemu satu video menarik yang berjudul, “Learn to Read Chinese… with ease! by Shaolan Hsueh”.

Setelah selesai menonton video Ted talk tersebut, menurut saya Shaolan Hsueh jenius banget! Dia berhasil menemukan cara menarik dan fun, agar semua orang bisa dan tertarik untuk belajar bahasa Mandarin.

By the way, boleh ditonton dulu, ya, video talk-nya sebelum melanjutkan baca artikel ini.

Awal Ide Jenius Shaolan Hsueh

Jadi siapa, sih, Shaolan Hsueh ini? Dan bagaimana latar belakang dia dalam menemukan ide jenius yang dibagikan di TED talk-nya tersebut?

Berikut penjelasan singkat yang saya ambil dari video ini.

Suatu hari, Shaolan yang lahir dan besar di Taiwan, menyadari kedua anaknya yang berkebangsaan Inggris, tidak memiliki ketertarikan untuk belajar bahasa Mandarin, karena menurut mereka bahasa Mandarin sangat sulit untuk dipelajari. Begitu juga saat Shaolan ngobrol dengan beberapa temannya, mereka juga mengatakan bahwa belajar bahasa Mandarin membuat mereka frustasi.

Shaolan pun berpikir, masa, sih, sesulit itu?

Sebagai seorang kutu buku yang senang mempelajari science, Shaolan menggunakan komputer untuk “memecah” ribuan karakter tulisan Chinese menjadi beberapa bagian. Dia mencoba untuk menganalisis untuk menemukan pola dari karakter tersebut, sambil berpikir gimana membuat metode  sederhana untuk belajar bahasa Mandarin, khususnya dalam mempelajari Chinese characters. Setelah itu, ia baru menambahkan ilustrasi dan animasi sebagai “pemanis”, membuat orang tertarik dengan metode pengajarannya.

Shaolan memulai menggambar ilustrasi di atas kertas tisu di dapur rumahnya, lalu ia menunjukkannya kepada teman dan keluarga. Sejak saat itu, Shaolan memulai karirnya sebagai guru bahasa Mandarin gratisan.

Beberapa waktu kemudian, TED mendengar tentang Shaolan dan mengundangnya untuk sharing “penemuannya” di tahun 2013.

Ok, sampai di sini, saya iri banget sama Shaolan! Siapa yang nggak mau, sih, jadi salah satu speaker di panel TED? #OOT

Lanjut!

Salah seorang penonton bernama Bill Gross, yang hadir dalam panel TED tersebut, menulis sebuah artikel blog dalam situs Linkendin berjudul “Learning Chinese in 7 Minutes” berdasarkan apa yang dibagikan oleh Shaolan. Dalam dua hari setelah artikel tersebut di-publish, Shaolan diserbu oleh 8,000 orang yang membaca artikel tersebut, menanyakan apakah ada buku yang bisa dibeli dan aplikasi yang bisa diunduh untuk mereka bisa belajar bahasa Mandarin dengan mudah.

Shaolan pun panik karena dia nggak punya apa-apa untuk dibagikan. Akhirnya dia bilang ke TED untuk menunda perilisan video talk-nya, supaya dia bisa pulang untuk membuat sesuatu.

Setelah akhirnya TED meluncurkan video Shaolan, jutaan orang menonton dan membagikan video tersebut. Dalam waktu yang bersamaan, Shaolan meluncurkan website sederhana bernama “Chineasy”, dan bersama timnya ia mengajar bahasa Mandarin setiap hari melalui Facebook.

Belajar Bahasa ala Chineasy = Tulisan + Ilustrasi

Saat ini, ada jutaan murid yang belajar bahasa Mandarin di Chineasy setiap hari. Chineasy suka membagikan ilmu baru, kadang-kadang mereka juga membuat kuis dan games menarik supaya lebih menyenangkan. Shaolan sendiri sekarang dikenal sebagai entrepreneur startup karena ide kreatifnya ini.

Tujuan Shaolan yang awalnya ingin kedua anaknya belajar bahasa Mandarin, sekarang ia malah bisa membantu jutaan orang di seluruh dunia untuk belajar bahasa ibunya ini.

Shaolan and her artworks

Berikut kita simak yuk, beberapa desain karakter bahasa Mandarin ala Shaolan.

Ada beberapa jenis karakter tulisan dalam bahasa Mandarin, salah satunya adalah Pictograms (xiàngxíngzì).  Pictograms adalah jenis karakter yang ditulis sesuai bentuk objek aslinya. Orang jaman dulu melihat objek, lalu menciptakan tulisan yang serupa dengan bentuk objek tersebut. Contoh karakter pictograms yang paling dasar adalah seperti ini:

Dan Shaolan membuat desain lebih menarik seperti ini. Kira-kira kamu bisa nebak nggak, apa arti dari setiap karakter ini?

Artinya adalah:

Nah, ini dia, gaes, artinya. Benar nggak tebakan kamu? Cara baca dari kiri ke kanan (atas): huo, mu, ri (dibaca "re"), yue. Cara baca dari kiri ke kanan (bawah): ren, kou, men, shan

Saya yakin, sih, 90% pasti bisa kejawab. Walaupun hanya ilustrasi dan tidak tahu cara membaca karakter di atas, tapi kita sudah menangkap artinya. Itulah tujuan utama Shaolan membuat desain seperti ini. Yah, minimal kalau kita pergi ke China suatu hari, kita bisa nebak kira-kira apa arti dari tulisan yang kita temui.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, setiap karakter di atas kalau digabungkan dengan karakter lainnya, bisa menciptakan kata dan arti yang baru. Misalnya kayak gini, nih:

Ini tulisan "mu" yang artinya pohon. Coba perhatikan, deh. Kalau tulian ini didobel, artinya jadi kayu. Kalau tiga "mu", artinya jadi hutan, arti harafiahnya banyak pohon. Keren, kan?

Ini tulisan "ren" yang berarti orang. Kalau ada dua "ren", artinya menjadi "mengikuti" (to follow). Kalau ditambah dengan satu garis di tengah, artinya "besar", tulisannya seperti orang sedang merentangkan tangannya lebar-lebar.

Bisa juga dengan digabungkan dengan karakter yang sama, mempunyai arti yang berbeda juga. Misalnya seperti ini:

Dibaca "ming". Jenis penggabungan kedua karakter seperti di atas disebut Compound Ideograms (huìyìzì).

Uniknya dari jenis tulisan compound ideograms, kita bisa menebak kira-kira apa artinya. Misalnya seperti tulisan "ming" di atas. Kalau ada karakter "ri", biasanya, sih, berhubungan dengan hari atau waktu. Tulisan Mandarin pagi, siang, malam semuanya ada karakter "ri" ini. Kalau ada karakter "mu", biasanya tulisan tersebut berhubungan dengan pohon.

Gimana, menarik banget, kan, belajar karakter tulisan Mandarin ini?

Kesimpulannya, belajar karakter bahasa Mandarin nggak begitu sulit, asal menemukan metode belajar yang tepat, seperti yang diciptakan oleh Shaolan ini.

Buat yang tertarik untuk belajar lebih lanjut, bisa follow akun Facebook Chineasy. Setiap hari mereka membahas kosakata baru dengan ilustrasi yang nggak kalah seru.

Selamat belajar bahasa Mandarin, jia you (semangat)!

 

***Tulisan ini dibuat oleh pembaca. Kamu juga bisa menulis untuk Youthmanual dengan submit tulisanmu di sini

(Sumber gambar: chineasy.com, writtenchinese.com, plgomez.com, google.com)


Bingung Memilih Jurusan Kuliah dan Karier agar sukses di Masa Depan?

Cari tahu minat, potensi dan kemampuanmu. Dapatkan rekomendasi jurusan kuliah dan profesi yang paling sesuai. Daftar sekarang dan gabung dengan ratusan ribu siswa lainnya di platform persiapan kuliah dan karier no 1.


How does it make you feel?

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2017 Youthmanual ©