Pengen Jadi Mahasiswa Keren di Kampus? Cobain Cara Ini, Deh!

Banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Begitu juga jalan untuk menjadi mahasiswa keren di kampus. Buat kalian yang baru aja lulus dan siap-siap mau kuliah, tentunya persiapan bukan hanya sekedar fisik, tapi juga mental. Mental untuk jadi mahasiswa yang bisa menjalani perkuliahan dengan maksimal di kampus baru.

Kenapa, sih, jadi mahasiswa keren itu penting? Karena percayalah gaes, pengalaman kuliah menjadi lebih seru kalau kamu bisa jadi salah satu mahasiswa yang percaya diri, bahagia dan bisa menyeimbangkan diri antara urusan akademik dan bersenang-senang di kampus.

Berikut pendapat teman-teman mahasiswa dan alumni soal cara jadi mahasiswa keren di kampus!

1. Rock the class!

Yes, jadi bintang kelas adalah salah satu cara supaya kamu bisa jadi mahasiswa keren. Usahakan datang tepat waktu di setiap jadwal kuliah. Ikuti arahan dosen sebaik mungkin dan kerjakan tugas-tugas dengan serius. 

"Duh, nanti gue dibilang sok paling pintar di kelas!" Nah, buang jauh-jauh pikiran kayak gitu. Teman-teman nggak bakal benci sama mahasiswa pintar selama dia mau berbagi ilmu sama yang lainnya alias nggak pelit. Kalau kamu merasa rugi untuk kasih contekan, kamu bisa ajak mereka untuk belajar bareng-bareng. Menurut I Gek Ayu, alumni Universitas Jayabaya, ketika kamu memutuskan untuk jadi mahasiswa yang aktif di kelas, dosen akan lebih mengenal dan memberi kemudahan ketika kamu bertanya sesuatu di luar kelas.

Kalau kamu terkenal di antara dosen dan teman-teman sebagai mahasiswa yang bisa diandalkan, pastinya kamu bakal lebih senang menjalani perkuliahan.

2. Aktif di organisasi

Setiap kali saya mewawancarai orang sukses di berbagai bidang, saya pasti nanya tips dan pesan mereka buat anak muda kayak kita. Uniknya, hampir semua orang sukses tersebut bilang, “Ikutlah organisasi ketika kamu masih sekolah atau kuliah." Kenapa? Karena banyak banget manfaat yang didapat ketika kamu ikut organisasi, terutama untuk mengembangkan soft skills yang emang nggak diajarkan secara formal di kelas.

Menurut Fauzan Azima, mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia, cara kedua supaya bisa jadi mahasiswa keren adalah dengan aktif di organisasi fakultas atau unit kegiatan mahasiswa. Kamu bisa mengenal macam-macam organisasi di universitas lewat artikel berikut ini.

3. Ikut membangun tongkrongan yang sesuai dengan karakter kamu

Apa, sih, yang bisa kita pelajari dari sebuah tongkrongan kampus dan bikin kita jadi mahasiswa keren? Jawabannya adalah kekompakan dan persaudaraan. Menurut saya, nggak ada tempat yang lebih baik mengajarkan kekompakan dan persaudaraan yang erat diantara kamu dan teman-teman selain tongkrongan yang sesuai dengan karakter kamu. 

Memang, sih, biasanya di sebuah kampus, tongkrongan identik dengan buang-buang waktu. Keliahatannya, anak tongkrongan cuma ngumpul nggak jelas sampai malam. Main gitar sambil merokok dan jajan. Tapi jangan salah, sob, banyak tongkrongan yang berubah menjadi komunitas bermanfaat, lho. Kamu bisa mengisi hari-hari di kampus dengan aktifitas yang penuh manfaat bersama teman-teman tongkrongan. Misalnya, buka puasa bersama anak yatim, donor darah, dan lain sebagainya. Jangan menutup diri untuk bekerja sama dengan organisasi kampus. Biasanya, mereka butuh massa untuk membantu acara-acara kampus yang seru.

Gimana? Udah siap jadi mahasiswa keren belum?

 

(Sumber gambar: fthmb.tqn.com, okezone.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1