Berbagai Pilihan Lokasi Belajar yang Tepat Sesuai Gaya Belajar Kamu

Kalau kamu sudah menyelesaikan modul gaya belajar Youthmanual, pastinya kamu sudah paham dengan tipe pelajar seperti apakah kamu dan gaya belajar seperti apa yang efektif untuk tipe seperti kamu. Beda pelajar, beda gaya belajarnya, sob!

Berhubung suasana dalam lokasi belajar adalah salah satu faktor penting yang dikondisikan agar kamu lebih fokus dan dapat menyerap materi pembelajaran dengan optimal, berikut berbagai lokasi belajar yang bisa kamu pilih sesuai gaya belajar yang kamu miliki.

1. Kamar kamu sendiri

kamar sendiri

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri, lingkungan yang tenang.

Kalau kamu nggak berbagi kamar dengan saudara/teman, nggak ada tempat yang paling nyaman untuk belajar selain kamar kamu sendiri. Semua hal yang kamu butuhkan—mulai dari bahan belajar sampai printilan yang bisa menghibur kamu pas lagi suntuk—udah tersedia di sana.

Selain itu, agar lebih nyaman dan fokus belajar, kamu bisa customize sendiri suasana kamar kamu sesuka hati. Mau belajar pakai baju belel, pasang stiker warna-warni atau muter musik metal (sambil pakai headset) biar makin semangat belajar? Boleh banget!

Minusnya, rasa nyaman yang kamu dapatkan bisa jadi distraksi terbesar kamu. Ketika kamu bosen dan merasa bebas melakukan apa aja di kamar sendiri, bisa-bisa fokus kamu terbuyarkan gara-gara keasyikan nonton youtube, ngemil sambil baca komik, bahkan melipir ke kasur!

2. Perpustakaan

perpustakaan

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang tenang.

Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin fokus belajar 110%. Nggak cuma itu, perpustakaan (terutama perpustakaan kampus) menyimpan SEMUA sumber informasi yang kamu butuhkan, mulai dari buku sampai layanan internet. What’s not to love?

Selain nyaman (meskipun nggak senyaman kamar sendiri), suasana perpustakaan bisa memberikan pressure yang baik untuk kamu.

Pressure di sini memiliki arti bahwa kamu bisa merasakan sendiri sekeras apa usaha mereka belajar di area perpustakaan sambil menjaga ketenangan agar tidak mengganggu konsentrasi orang lain. Secara nggak langsung, kamu jadi nggak mau kalah dan ingin belajar setekun mereka, ‘kan?

3. Coffee shop

coffee shop

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang ramai, pencahayaan redup.

Ada beberapa orang yang nggak bisa belajar di ruangan yang terlalu terang. Mereka adalah orang-orang yang belajar menggunakan gadget, sehingga mata mereka terasa pedih setelah melototin layar gadget terlalu lama.

Kalau kamu termasuk pelajar yang seperti ini, coffee shop/café adalah yang tempat buat kamu.

Meskipun cenderung ramai, namun coffee shop tetap terasa nyaman karena ambience-nya yang remang-remang syahdu. Kamu juga bisa enjoy belajar sendirian atau dengan teman-teman kamu tanpa takut mengganggu orang lain. Poin bonusnya, kebanyakan coffee shop menyediakan fasilitas wifi gratis, musik yang keren, dan kamu bisa makan sepuasnya ataupun cuma sekadar mesen es teh tawar tanpa takut “diusir” gara-gara kelamaan di sana.

4. Taman

taman

Cocok untuk kamu yang: suka belajar sendiri/berkelompok, lingkungan yang ramai, pencahayaan terang.

Kalau kamu suntuk sama suasana dalam ruangan yang terlalu sepi dan gitu-gitu aja, bisa banget, lho, sesekali kamu coba untuk belajar di ruangan terbuka. Nah, taman adalah tempat yang tepat untuk kamu jadikan lokasi belajar sekaligus bersantai di cuaca yang bersahabat.

Belajar di ruang terbuka seperti taman memang paling asyik kalau bersama teman-teman, tapi belajar sendirian pun nggak masalah selama kamu nggak merasa awkward. Pemandangan yang hijau juga membuat mata kamu juga nggak cepat merasa lelah. Pepohonan yang rindang, angin sepoi-sepoi dan cerahnya matahari dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama belajar di sana.

Kota kamu nggak punya taman yang kece untuk belajar? Nggak masalah! Belajar di halaman rumah sendiri juga nggak kalah asyik, kok. Hati-hati digigit nyamuk, ya!

5. Rumah/kosan teman

rumah teman

Cocok untuk kamu yang: suka belajar berkelompok, lingkungan yang tenang.

Kalau kamu nggak bisa fokus kalau belajar sendirian, samperin temen kamu ke rumah/kosannya aja, gaes! Tentunya jika kalian memiliki niat dan objektif pembelajaran yang sama, ya.

Serius, deh, efeknya beda banget dibanding kamu ngajakin mereka belajar di tempat kamu. Di tempat mereka, kamu nggak akan menemukan “distraksi dari kenyamanan” seperti belajar di kamar sendiri. Trus, kamu juga bisa mengajak teman kamu untuk berdiskusi alih-alih googling informasi yang terkadang kurang memuaskan.

Psst, belajar di tempat temen kamu terasa paling oke ketika lagi low budget, sob! Siapa tau di sana kamu ditawarin makanan gratisan! Hihihi.

***

Meskipun kamu merasa cocok belajar di satu lokasi, ada kalanya kamu ngerasa suntuk dan ingin mencoba suasana belajar baru. Maka nggak ada salahnya kalau kamu nyobain belajar di tempat-tempat lainnya—atau bahkan mencari spot baru yang nggak kalah cozy dan lebih cocok untuk gaya belajar kamu.

So, lokasi mana yang paling tepat untuk kamu, gaes?

Baca juga:

(sumber gambar: amazonaws.com, picdn.net, cetking.com, goodhope.com, ingeniusprep.com, sharkattackol.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1