Manfaat Masuk Jurusan Kuliah yang Kurang Populer

Sambil menikmati masa lulus sekolah, kamu juga pasti sudah memilih jurusan kuliah dan mempersiapkan ujian masuk universitas. Beberapa dari kamu mungkin memilih jurusan kuliah yang sepi peminat atau kurang populer.

Jurusan kuliah kurang populer itu apa aja, sih?

Biasanya, jurusan ini memiliki peminat paling sedikit di sebuah universitas. Trus, kalau kamu menyebutkan nama-nama jurusan kuliah seperti Arkeologi‍, Astronomi‍, Sastra Jawa‍, Sejarah‍ atau Ilmu Perpustakaan‍, biasanya orang lain mengangap itu bukan hal biasa.

Buat kamu yang memutuskan memilih jurusan kurang populer, nggak usah khawatir, sob! Karena ternyata banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memilih jurusan-jurusan kuliah yang kurang populer, lho. Seperti.....

Persaingan lebih longgar

Tentunya, karena jurusan ini sepi peminat, persaingan masuk ke jurusan dan universitas pun jadi lebih longgar. Meskipun begitu, jangan anggap sepele ujian masuknya ya, gaes. 

Tetap persiapkan diri sebaik mungkin. Kenali jurusan yang kamu pilih secara mendalam. Coba cari tahu lewat senior tentang mata kuliah dan gaya belajar di sana. Intinya, meskipun jurusan yang kamu pilih kurang populer, bukan berarti kuliah di jurusan tersebut mudah dan bikin kamu jadi malas-malasan.

Mahasiswa sedikit = proses belajar mengajar lebih efektif

Tahu nggak sih kamu, beberapa universitas terbaik di luar negeri selalu membatasi jumlah mahasiswa per kelas. Ini dilakukan agar dosen dan mahasiswa bisa berinteraksi dengan lebih efektif dalam proses belajar mengajar.

Nah, dengan memilih jurusan kurang populer, jumlah mahasiswa di kelas cenderung lebih sedikit. Alhasil, kamu bisa menyerap ilmu lebih banyak dan lebih paham setiap mata kuliah. Diskusi dengan teman-teman pun jadi lebih intensif!

Lapangan kerja menjanjikan

Bayangkan lapangan pekerjaan yang bisa kamu geluti setelah kamu lulus nanti. Biasanya, jurusan kuliah yang kurang populer adalah jurusan kuliah yang mencetak lulusan dengan skill yang spesifik. 

Salah satu jurusan kurang populer di Indonesia adalah bidang Kehutanan. Menurut data Kompas, Indonesia yang kaya akan sumber daya alam ini membutuhakan mahasiswa dengan pengetahuan spesifik tentang hutan agar kelestarian hutan bisa tetap terjaga. Sekitar satu juta mahasiswa jurusan Kehutanan dibutuhkan hingga tahun 2020. Sayangnya, nggak banyak mahasiswa yang memilih jurusan ini.

Bisa lebih mengeksplorasi

Persaingan yang nggak membawa beban, proses belajar mengajar yang lebih efektif dan skill yang spesifik pada akhirnya membentuk kamu menjadi mahasiswa yang terus mengeksplorasi dan memperdalam jurusan kuliah kamu. 

Kuliah bukan cuma menjadi perjalanan dalam menuntut ilmu, tapi juga menjadi perjalanan menemukan jati diri. Sounds cool, right?

***

Lebih baik mengambil jurusan kurang populer daripada cuma asal ikut-ikutan teman, kan?

 

(Sumber gambar: usnews.com, collegcambria.com, creo.uwf.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1