Kesalahan Kecil yang Dilakukan Mahasiswa Baru yang Bisa Bikin Dosen Bete

Kamu maba alias mahasiswa baru? Pasti udah nggak sabar memasuki masa aktif perkuliahan, ya.

Namun ada hal yang harus kamu ingat, nih. Meskipun katanya kuliah jauh lebih selow dan nggak se-strict sekolah, nggak semua dosen sesantai bayangan kamu.

Trus, bikin dosen bad mood di hari-hari pertama kuliah, tuh, bahaya banget, gaes. Konsekuensinya banyak. Dosennya bisa menegur kamu, sampai nggak mau ngajar lagi di kelas kamu selama satu semester! Kalau udah begitu, bukan cuma kamu yang menanggung rugi, tetapi juga teman-teman sekelas kamu yang nggak salah apa-apa.

Jadi ada baiknya kamu nggak melakukan kesalahan-kesalahan kecil berikut ini, agar nggak memicu ke-bete-an dosen kamu.

1. Datang terlambat, lalu masuk kelas tanpa izin

datang terlambat

Ini, nih, penyakit klasik maba, mulai dari tahun dinosaurus sampai sekarang: terlambat masuk kelas! Entah gara-gara nyasar pas lagi nyari ruang kelas, gara-gara telat bangun, atau gara-gara malas-malasan aja. Maklum, lah, namanya juga baru mulai kuliah setelah libur panjang.

Meskipun biasanya dosen nggak (terlalu) mempermasalahkan keterlambatan mahasiswanya, kamu HARUS meminta izin kepada mereka ketika kamu mau masuk kelas dalam keadaan terlambat. Jangan nyelonong masuk begitu aja! Masa’ dosen lagi asik cuap-cuap di depan kelas, tiba-tiba kamu interupsi nggak pakai permisi? Dosen bisa banget merasa tersinggung dan bete gara-gara ini.

Mungkin ada dosen yang membiarkan mahasiswanya nyelonong masuk kelas tanpa izin. Dari luar, dosen tersebut mungkin kelihatan cuek, tapi diam-diam mereka bakal "nandain" mahasiswa itu sebagai mahasiswa yang nggak beretika. Wah, nilain bisa-bisa terancam, tuh!

2. Mengenakan pakaian yang terlalu “santai” di mata dosen

Kebanyakan kampus memang nggak punya peraturan dresscode yang ketat, sehingga kamu bisa mengenakan pakaian apapun, asalkan sopan. Nah, tapi ada aja dosen yang punya aturan dresscode sendiri. Trus, kalau aturan tersebut nggak dipatuhi, beliau nggak bakal mau ngajar kamu. Alias kamunya diusir dari kelas!

So, it is important to "test the water" beforehand. Di minggu pertama kuliah, hindari memakai sesuatu yang terlalu “santai” dan bikin dosen cepet sensi seperti kaos (belel), leggings, dan sandal/sepatu sandal. Kalau ada teman kamu yang mengenakan pakaian tersebut tapi nggak ditegur dosen, artinya pakaian tersebut nggak dilarang oleh sang dosen.

Biar lebih aman lagi, kamu juga bisa menanyakan langsung do’s and dont’s pakaian ngampus kepada dosen tersebut, sebelum perkuliahan dimulai.

3. Ketahuan titip absen

titip absen

Ini, sih, namanya kamu minta mati muda, sob! Jangan sekali-kali minta titip absen atau nitipin absen teman kamu di minggu pertama kuliah. Kalau ternyata dosennya suka mengabsen kalian satu per satu di akhir sesi kuliah, apes banget, deh, kamu.

Kalaupun ketahuan, masih untung kalau beliau cuma sekedar bete, dan mencoret absen kamu dan teman kamu pada hari itu aja. Kalau nama kamu dan teman kamu (yang nitip absen) langsung dicoret untuk seluruh semester dan langsung dikasih nilai E? Wasalam.

4. Mengerjakan sesuatu yang nggak ada hubungannya dengan perkuliahan

Kalau dosen kamu lagi asyik menerangkan pengantar mata kuliah, jangan coba-coba melakukan hal lain selain menyimak beliau dengan baik dan benar, ya. Apapun urusan kamu yang nggak ada hubungannya dengan perkuliahan (termasuk menggunakan handphone), urungkan dulu sampai dosen kamu membubarkan kelas.

Nggak peduli sepenting dan se-urgent apapun urusan kamu, it can wait. Kalau sampai ketahuan, nggak cuma kamu yang bakal dipulangkan lebih awal, tetapi bisa-bisa seluruh kelas. Hiii, jangan sampai, deh!

(sumber gambar: youtube.com, quickmeme.com, penabudaya.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1