Kepribadian Kamu Berdasarkan Jurusan Kuliah

Salah satu problem klasik calon mahasiswa adalah… menentukan jurusan kuliah! Untuk mencari jawabannya, kadang kamu sampai bengong di kamar mandi, sibuk tanya keluarga, tanya teman, atau tanya dukun pacar.

Padahal menurut Anna Vedel, psikolog dari Universitas Aarhus di Denmark, sebetulnya proses memilih jurusan ujung-ujungnya balik lagi ditentukan oleh kepribadian diri masing-masing. Jadi coba, deh, analisa sikap kamu, kemampuan kamu, karir seperti apa yang kamu mau, dan kesan yang ingin kamu tampilkan ke orang lain.

Nih, Youthmanual kasih tahu beberapa ciri-ciri kepribadian dan pilihan jurusannya yang cocok. Buat kamu yang belum memilih jurusan, siapa tahu info ini bisa jadi referensi. Sementara buat kamu yang sudah jadi mahasiswa, bener nggak, sih, sifat kamu kayak dibawah ini?

Jurusan Pendidikan

Karakter jurusan 3 - Youthmanual

Kamu senang membantu orang belajar, membantu teman memecahkan masalah yang sulit, dan mengatur jadwal. Kamu cenderung ceria, sehingga beberapa orang menganggap kamu lemah. Namun mereka juga sadar bahwa kamu punya potensi yang oke jadi guru.

Jurusan Teknik

Kamu adalah orang yang analitis dan kreatif, hobi mengutak-utik dan membongkar barang (eh, tapi trus nggak bisa pasang lagi, hahaha!), senang mengamati cara kerja benda-benda di sekeliling kamu dan kemudian mencoba membuat benda serupa.

Jurusan Bisnis

Mereka yang memilih jurusan kuliah bisnis umumnya orang yang outgoing dan cerdas secara sosial. Mereka juga aktif, nggak mau cuma ongkang-ongkang kaki menunggu datangnya kesempatan. Kalau kamu mengambil jurusan kuliah Bisnis, biasanya kamu senang membangun koneksi dengan orang-orang yang berguna. Makanya, kamu sangat picky alias pemilih dalam menentukan siapa orang-orang yang cuma cocok dijadikan kenalan, siapa orang-orang yang bisa dijadikan teman.

Jurusan Ilmu Politik

Kamu bangga dengan wawasan kamu terhadap isu-isu current di dunia, dan menurut kamu, pengetahuan tentang world issues memang penting untuk anak-anak muda seusia kamu. Kamu sampai bisa berdebat berjam-jam sama pacar tentang isu-isu politik dan kebijakan pemerintahan. Kamu juga selalu melihat masalah dari berbagai sudut pandang untuk menemukan solusinya.

Jurusan Literatur

Kalau kamu mengambil jurusan Literatur, kemungkinan besar kamu cenderung introvert. Sebetulnya, sih, kamu bisa aja bersosialisasi kanan-kiri, tapi kamu lebih nyaman mojok berjam-jam bareng novel super tebal favorit kamu.

Kamu juga senang menganalisa segala hal. Saat nonton film di bioskop, kamu paling senang membahas jalan ceritanya setelah film selesai.

Jurusan Seni atau Teater

Sebagai mahasiswa jurusan seni atau teater, kamu pasti udah bosen banget dengan anggapan orang-orang bahwa ilmu kuliah kamu nggak bisa diaplikasikan di dunia kerja. Tipikal mahasiswa jurusan underdog, lah! Sehingga biasanya kamu jadi terpecut untuk bekerja keras demi mengasah skill kamu sekaligus memperbanyak karya.

Kamu juga orangnya spontan, berani mengambil risiko, dan selalu bisa menemukan sisi dramatis dalam situasi sehari-hari.

Jurusan Matematika

Karakter jurusan 2 - Youthmanual

Mahasiswa jurusan Matematika adalah seseorang yang suka banget sama teka-teki. Trus, bagi mereka, segala kepastian dalam ilmu Matematika itu bikin perasaan jadi tenang (ilmu matematika = ilmu pasti ‘kan? Dalam Matematika, 2 + 2 nggak mungkin jadi 5!). Wah, mahasiswa jurusan Matematika cocok dijadiin calon pacar dong, ya, berhubung bisa memberikan kepastian, nggak sekedar janji!

Kamu juga menganggap bahwa ilmu Matematika bisa menjadi jawaban atas segala kekacauan dunia. Eyssss.

Jurusan Sejarah

Kamu orang yang nggak terlalu peduli dengan konten suatu hal, karena kamu lebih penasaran dengan bagaimana proses terjadinya suatu hal. Kamu suka banget sama cerita-cerita non-fiksi serta hobi belajar tentang budaya asing. Kamu juga punya imajinasi aktif yang membuat kamu bisa melihat dunia dari sudut pandang tokoh-tokoh dari masa lalu.

Jurusan Kedokteran

Kamu adalah orang yang organized alias selalu punya perencanaan yang rapi. Kamu juga biasanya punya tujuan jangka panjang dan selalu bekerja keras mencapainya. Kamu menikmati ilmu sains tapi juga tertarik pada isu-isu kemanusiaan.

Jurusan Bahasa Asing

Karakter jurusan 1 - Youthmanual

Kamu sadar bahwa dunia itu luaaaas sekali, dan kamu kepengen banget menjelajahinya! Kamu ingin berpetualang, cari tahu segala sesuatu di luar dunia kamu, serta belajar tentang orang-orang baru.

Psikologi

Bagi mahasiswa Psikologi, nggak ada yang lebih menarik daripada alam pikiran manusia. Kamu senang menganalisis diri kamu sendiri dan orang-orang di sekitar kamu. Kamu sensitif dan gampang berempati terhadap orang lain. Kamu pun selalu menganggap bahwa dalam setiap hal atau kejadian, pasti ada banyak hal-hal yang terjadi “di balik layar”, jadi kamu nggak mau menilai suatu hal dari permukaannya aja. Don’t judge a book by its cover lah, ya!

 

(Sumber foto: soarcollegeplanning.com, wisegeek.com, andagaigo.ac.jp, meredith.edu)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1