Kenal Lebih Dekat dengan Program Studi Agribisnis, Yuk!

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yang dimana sebagian besar penduduk berporfesi sebagai petani. Sebagai negara yang agraris, Indonesia pun menjadi negara yang dianugerahi dengan kekayaan alam yang melimpah. Indonesia pun selalu disematkan dengan ungkapan “gemah ripah loh jinawi” yang memiliki arti yaitu kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Tahu kah kamu? Seperti dilansir dari kompas.com, pada bulan Februari 2016, Badan Pusat Statistik mencatat bahwa 38.29 juta orang bekerja di sektor pertanian. Namun, dalam kurun satu tahun, hampir dua juta pekerja sektor pertanian beralih ke sektor lainnya.

pertanian di indonesia

Selain itu, tahu kah kamu bahwa harga bahan pangan di Indonesia selalu fluktuatif alias naik turun? Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor seperti adanya praktik nakal dalam rantai distribusi pangan, paceklik, gagal panen dan sebagainya.

Nah, kamu harus tahu, gaes, di dunia perkuliahan, ada, lho, program studi yang mempelajari berbagai macam hal tentang dunia pertanian. Biasanya, para mahasiswa yang berkuliah di program studi ini memiliki idealis yaitu untuk membantu menghidupkan kembali pertanian di Indonesia. Mumpung ada salah satu teman kita, nih, yang berkuliah di Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, yuk, kita tanya-tanya terkait Program Studi Agribisnis dengan Azhar Dhika Wiratama!

Alasan Mengapa Memilih Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)?

Dhika bercerita, ketika ia bertanya kepada teman-temannya, mengapa mereka ingin menjadi seorang mahasiswa agribisnis, banyak dari teman-temannya yang menjawab bahwa mereka penasaran dengan ilmu agribisnis, ada juga yang menjawab karena mereka menyukai alam, bahkan, ada pula yang menjawab bahwa mereka tertarik untuk mempelajari bisnis di dalam ilmu agribisnis.

Alasan Dhika untuk berkuliah di Program Studi Agribisnis pun tidak jauh berbeda dari teman-temannya. Ia pun masuk ke Program Studi Agribisnis dikarenakan ia penasaran dengan kata "bisnis" dari "agribisnis".

Namun, setelah ia mempelajari banyak hal di Program Studi Agribisnis, akhirnya Dhika tahu bahwa program studi tersebut tidak hanya sekedar bisnis atau tidak hanya sekedar tentang pertanian, melainkan program studi tersebut merupakan penggabungan dua konsep tentang pertanian dan juga bisnis. Setelah ia mempelajari lebih lanjut tentang agribisnis, sekarang ia memiliki cita-cita yaitu memiliki usaha pribadi yang masih berkaitan dengan pertanian.

Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) Belajar Apa Saja Sih?

Pada umumnya, Agribisnis mempelajari bisnis di dalam dunia pertanian. Namun, menurut Dhika, hal yang dipelajari tidak selalu berhubungan dengan bisnis, saja, melainkan banyak hal. Dhika memberikan analogi untuk hal yang ia pelajari yaitu belajar dari hulu ke hilir.  

Pada sektor hulu, Dhika mempelajari hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis dalam dunia pertanian. Hal yang harus dipersiapkan yaitu lahan pertanian itu sendiri. Dhika belajar tentang berbagai macam benih, pupuk, sarana produksi pertanian dan sebagainya.

Sebelum mencapai ke sektor hilir, disana pun ada hal yang harus dipelajari oleh Dhika. Pada sektor ini, ia akan mempelajari bagaimana caranya untuk menghasilkan produk pertanian primer alias bahan pangan seperti beras dan sebagainya. Disini, Dhika belajar tentang bagaimana cara menanam bahan pangan yang baik, bagaimana cara meningkatkan kualitas bahan pangan dan sebagainya.

Pada sektor hilir, Dhika udah nggak lagi belajar tentang pertanian, gaes, melainkan mempelajari tentang bagaimana cara untuk meningkatkan nilai dari produk primer yang dihasilkan. Pada umumnya, pada sektor ini, Dhika lebih mempelajari tentang industri-industri pengelolaan.

Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) Memiliki Kelebihan Apa Saja Sih?

Menurut Dhika, Program Studi Agribisnis memiliki banyak sekali kelebihan, lho, gaes, dan kelebihan ini dapat dilihat dari berbagai macam aspek. Salah satunya dari segi pendidikan, ia mempelajari banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan pertanian dan juga bisnis. Mau bagaimana pun, pertanian memiliki peran yang sakral dalam pembangunan nasional, maka dari itu, pembahasan dalam hal ini pun menjadi lebih banyak dan juga menarik.

agribisnis suka praktik di kebun

Selain itu, Program Studi Agribisnis tidak selalu belajar di dalam kelas, namun, ada beberapa saat para mahasiswa harus mengerjakan praktikum di luar kelas. Karena adanya praktikum ini, para mahasiswa agribisnis, akhirnya memiliki berbagai macam keahlian.

Kalau Lulus dari Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Mau Jadi Apa Ya?

Ada banyak hal yang bisa menjadi profesimu ketika kamu lulus menjadi seorang sarjana Program Studi Agribisnis. Menurut Dhika, setelah ia lulus, ia bisa bekerja menjadi pegawai di suatu perusahaan, ia pun bisa menjadi seorang pebisnis baik itu dalam bidang pertanian atau pun lainnya. Ia pun, tentunya, bisa bekerja di dalam sektor pemerintahan. Luasnya lapangan pekerjaan yang dimiliki oleh lulusan Agribisnis ini dikarenakan cukup luasnya bahasan yang didapat selama masa perkuliahan seperti manajemen, wirausaha, dan sebagainya.

Di Kampus Mana Saja yang Menyediakan Program Studi Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)?

Berikut sepuluh perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan Program Studi Agribisnis untuk program strata satu (S1):

1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 

2. Institut Pertanian Bogor 

3. Universitas Gadjah Mada 

4. Universitas Hasanuddin 

5. Universitas Sumatera Utara 

6. Universitas Andalas 

7. Universitas Syiah Kuala 

8. Universitas Lambung Mangkurat 

9. Universitas Udayana 

10. Universitas Riau 

dan masih banyak, lagi, gaes!

***

Wah, ternyata Program Studi Agribisnis, menarik banget, ya. Apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan Program Studi Agribisnis, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: greaterkashmir.com, jurnal.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1