Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi Terbaik Di Luar Pulau Jawa Tahun 2017!

Mungkin ada di antara kamu yang punya mimpi untuk berkuliah di Perguruan Tinggi yang bergengsi—yang mayoritas memang berlokasi di area pulau Jawa—namun terkendala biaya dan restu orang tua. Atau mungkin juga ada yang berdomisili di area pulau Jawa dan merasa takut untuk “mencoba peruntungan” kamu di wilayah lain. Pokoknya, insecure banget, deh, rasanya kalau nggak kesampaian kuliah di area pulau Jawa.

Duh, dek…

Padahal ada banyak, lho, perguruan tinggi berkualitas di luar pulau Jawa yang mungkin masih belum kamu ketahui karena tertutupi “seru”nya kuliah di area pulau Jawa. Nggak cuma memiliki daya saing yang tinggi, perguruan-perguruan tinggi tersebut juga memiliki keunikan tersendiri, mulai dari sejarah, keunggulanjurusan yang tersedia, sampai kearifan lokalnya. Wih!

So, berikut Youthmanual rangkum daftar Perguruan Tinggi terbaik Indonesia yang berlokasi di luar Pulau Jawa, beserta akreditasi dari BAN-PT, peringkat Dikti, beserta Webometrics rank untuk wilayah khusus negara Indonesia.

1. Universitas Syiah Kuala, Aceh

1

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 61

Webometrics rank: 12

Fakultas terfavorit: Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Syiah Kuala: Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berlokasi 8 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, yaitu sebuah gampong yang dinamai Kota Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam. Pembangunan Kopelma Darussalam ini merupakan bentuk cita-cita besar masyarakat Aceh yang berlandas pada keyakinan bahwa untuk membangun Aceh yang bermartabat dan sejahtera, perlu didirikan sebuah pusat pendidikan.

2. Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara

2

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 38

Webometrics rank: 51

Fakultas terfavorit: Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum

Fakta menarik soal Universitas Sumarera Utara: Universitas Sumatera Utara (USU) adalah Perguruan Tinggi pertama di pulau Sumatera yang mempunyai Fakultas Kedokteran. Nggak heran, sih, kalau Fakultas Kedokteran USU selalu menjadi favorit dan persaingannya ketat bingit!

3. Universitas Andalas, Sumatera Barat

3

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 12

Webometrics rank: 35

Fakultas terfavorit: Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya

Fakta menarik soal Universitas Andalas: Universitas Andalan (Unand) adalah perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa, yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden pertama Indonesia, Moh. Hatta. Daya tarik kampus ini terletak pada gedung rektoratnya yang menyerupai markas Zordon, alias basecamp-nya para Power Rangers! Hihihi.

4. Universitas Riau, Riau

4

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 20

Webometrics rank: 8

Fakultas terfavorit: Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakta menarik soal Universitas Riau: Universitas Riau (Unri) awalnya direncanakan untuk didirikan di Tanjungpinang, lho. Tapi, setelah ibukota Provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) pun dipindahkan ke kota Riau dan meneruskan misi mereka untuk membangun sebuah perguruan tinggi di kota tersebut.

5. Universitas Lampung, Lampung

5

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 22

Webometrics rank: 14

Fakultas terfavorit: Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Lampung: Universitas Lampung (Unila) memiliki tiga kampus utama, yang berada di kota Gedung Meneng, Panglima Polim, dan kota Metro. Kota Metro yang menaungi sebagian kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan masuk dalam Daftar 10 kota di Indonesia dengan biaya hidup terendah ke-9 di Indonesia serta urutan kedua di Pulau Sumatera berdasarkan Survey BPS tahun 2017. Kota yang pas banget buat calon mahasiswa, nih!

6. Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan

6

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 23

Webometrics rank: 36

Fakultas terfavorit: Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Sriwijaya: Universitas Sriwijaya (Unsri) adalah perguruan tinggi yang memiliki area terluas se-Asia Tenggara, yaitu seluas 712 hektar. Luasnya bahkan melebihi dua kalinya area perguruan tinggi terluas di pulau Jawa, yaitu Universitas Indonesia, yang memiliki lahan seluas 320 hektar.

7. Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan

7

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 58

Webometrics rank: 114

Fakultas terfavorit: Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Lambung Mangkurat: Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) juga dikenal sebagai “Universitas Perjuangan”, karena pembangunanya yang dicita-citakan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang ada di pulau Kalimantan untuk menjadi sumber kemakmuran bangsa. Saik!

8. Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

8

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 48

Webometrics rank: 90

Fakultas terfavorit: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum

Fakta menarik soal Universitas Mulawarman: Karena sulitnya mendapat staf pengajar pada Fakultas Pertambangan yang berada di Balikpapan, maka pada tahun 1970 fakultas ini terpaksa ditutup. Tapi, akhirnya kembali disediakan jurusan pertambangan, baik di tingkat S1 dan D3, namun kini berada dalam payung Fakultas Teknik.

9. Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara

9

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 70

Webometrics rank: 44

Fakultas terfavorit: Fakultas MIPA, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Sam Ratulangi: Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melantik Rektor wanita pertamanya tahun 2014 lalu. Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA bukanlah seorang Rektor wanita biasa, karena beliau adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang pernah meraih penghargaan elite dari pemerintah Perancis, yaitu Mahar Schutzenberger Prize. Keren!

10. Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah

10

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 35

Webometrics rank: 18

Fakultas terfavorit: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kehutanan, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Tadulako: Universitas Tadulako (Untad) dulunya adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Sulawesi Tengah. Namun, secara bertahap perguruan tinggi ini akhirnya berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 1981 setelah melewati lima belas tahun periode status cabang. Lama juga, ya?

11. Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara

11

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 69

Webometrics rank: 111

Fakultas terfavorit: Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakta menarik soal Universitas Halu Oleo: Nama Universitas Halu Oleo (UHO) diambil dari nama salah seorang raja pada Kerajaan Konawe yang hidup sekitar abad tujuh belas. Haluoleo selain dikenal sebagai pemimpin yang bijak, diyakini pula sebagai ksatria yang tak kenal menyerah dan gigih membela tumpah darahnya. Secara harfiah, Haluoleo berarti delapan hari dalam bahasa Tolaki—bahasa penduduk asli Kerajaan Konawe yang mendiami Kendari.

12. Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan

12

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 11

Webometrics rank: 13

Fakultas terfavorit: Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Hasanuddin: Universitas Hasanuddin (Unhas) pernah memberikan kehormatan doktor Honoris Causa kepada 7 tokoh, dimana 2 diantaranya berasal dari luar negeri, yaitu Tun Najib Tun Razak, Mantan Perdana Menteri Malaysia dan Nelson Mandela, Mantan Presiden Afrika Selatan.

13. Universitas Udayana, Bali

13

Akreditasi BAN-PT: A

Peringkat Dikti: 57

Webometrics rank: 9

Fakultas terfavorit: Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Udayana: Universitas Udayana (Unud) terkenal dengan salah satu UKM-nya yang kece paripurna, yaitu marching band. Marching Band Unud (MBU) telah mengukir ratusan prestasi gemilang, diantaranya berhasil menjuarai Grand Prix Marching Band Indonesia tahun 2016 lalu. Tertarik masuk UKM-nya, nggak, nih?

14. Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat

14

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 36

Webometrics rank: 75

Fakultas terfavorit: Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum

Fakta menarik soal Universitas Mataram: Universitas Mataram (Unram) adalah almamater dari beberapa tokoh pemimpin yang cukup remarkable di Indonesia, lho, gaes. Salah satunya adalah Fahri Hamzah, wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat kita saat ini.

15. Universitas Pattimura, Maluku

15

Akreditasi BAN-PT: B

Peringkat Dikti: 282

Webometrics rank: 84

Fakultas terfavorit: Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ekonomi

Fakta menarik soal Universitas Pattimura: Universitas Pattimura (UNPATTI) memiliki motto yang disebut Hotumese, yang artinya “berkembang dalam tantangan”.  Motto ini digunakan di hampir semua atribut UNPATTI, mulai dari laman web sampai grup paduan suara.

(sumber gambar: blogspot.com, klikkabar.com, analisadaily.com, edumor.com, tstatic.net, unsri.ac.id, ulm.ac.id, amazonaws.com, wordpress.com, infosulteng.com, unhas.ac.id, pojoksatu.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1