7 Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Menyenangi Dunia Teknologi

Nggak bisa disangkal, pertumbuhan teknologi yang sangat pesat di era modern ini membawa pengaruh besar terhadap segala bidang. Sekarang, aktivitas apa aja telah dipermudah dengan teknologi, sob! Mulai dari mesen jasa transportasi sampai pembangkit energi paling mutakhir, semuanya bisa dilakukan dengan mudah berkat kemajuan teknologi di abad ke 21 ini.

Hal ini pastinya juga membawa pengaruh positif terhadap prospek karier pada bidang teknologi di masa depan. Buat kamu yang menyenangi dunia teknologi dan ingin meniti karier kamu di bidang ini di masa depan, simak, deh, inspirasi 7 pilihan jurusan kuliah yang bisa kamu ambil di bidang ini. Psst, ternyata jurusan kuliah buat kamu yang menyenangi bidang teknologi nggak cuma Teknik Infomatika aja!

1. Agroekoteknologi‍ 

Lintas bidang: Pertanian, Ekonomi

1

Agroekoteknologi merupakan gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah dan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Dalam jurusan ini, kamu akan akan mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis dan memecahkan masalah melalui cara berfikir analitik, kreatif dan eksploratif dalam bidang agronomi, yang tentunya mengikuti tren perkembangan teknologi di bidang pertanian dan ekonomi.

Kalau kamu menyukai bidang botanikal dan mempelajari tumbuh-tumbuhan serta pertumbuhan dan pengolahannya, terlebih jika kamu gemar memperhatikan kelestarian lingkungan dan suka berinovasi guna meningkatkan produksi dan pengolahan hasil tanaman, jurusan Agroekoteknologi bakalan cocok banget buat kamu. Jurusan ini akan mengembangkan potensi kamu untuk berinovasi guna membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Agroekoteknologi di Indonesia diantaranya adalah Unand, Unbraw, Unpad, UGM, IPS Yogyakarta.

Prospek kerja jurusan ini: Ahli Teknik Pertanian, Ahli Konservasi Tanah dan Air, Manager Pembibitan dan Rumah Kaca.

2. Bioinformatika‍ 

Lintas bidang: MIPA, Kesehatan

2

Bioinformatika merupakan program studi multidisiplin yang berfokus pada penerapan teknologi dan layanan berbasis komputer untuk mengolah data pada bidang biologi, biomedis, dan penelitian bioteknologi. Umumnya, Bioinformatika adalah bidang yang menggunakan ilmu komputer untuk memecahkan masalah dibidang biologi yang semakin kompleks seperti ilmu terbaru mengenai Life Science.

Jurusan Bioinformatika mempelajari bagaimana menggunakan ilmu komputer untuk memilah dan memahami data-data dalam jumlah besar (big data) dalam bidang biologis, genetik, sampai ilmu dan teknologi pangan. Topik pembelajaran dalam Bioinformatika meliputi algoritma, desain antarmuka manusia, manajemen database, statistik, dan tentunya biologi genetic. Kamu merasa tertantang, nggak, nih?

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Bioinformatika di Indonesia adalah I3L.

Prospek kerja jurusan ini: Koordinator Riset Klinis, Ahli Biomedis, Peneliti Bioinformatika.

3. DKV Animasi‍ 

Lintas bidang: Seni & Desain, Komunikasi

3

Animasi adalah bagian dari Film and TV Production yang melibatkan banyak gaya, proses dan teknik yang beragam. Jurusan ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi animasi, yaitu bidang film animasi dan animasi game atau animasi interaktif. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menampilkan gambar berurut dengan sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.

Jurusan ini akan menuntut kamu untuk dapat menuangkan kreativitas dan keahlian untuk menciptakan sesuatu (misalnya karakteristik, gaya animasi, background) yang unik dan menarik. Selain itu, jurusan ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan ide, pesan dan kesan dalam bentuk animasi, sehingga dibutuhkan rasa antusiasme yang tinggi. Kamu yang merasa penggemar animasi dan dan komputer grafis, cocok banget buat milih jurusan ini, nih!

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan DKV Animasi di Indonesia diantaranya adalah Binus University, UI, ISI Yogyakarta.

Prospek kerja jurusan ini: Desainer Grafis 3D, Animator dan Seniman Multimedia, Direktur Kreatif.

4. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan‍ 

Lintas bidang: Pendidikan, Komunikasi

4

Jurusan ini spesifik membekali para mahasiswanya mengenai pemahaman tentang kurikulum pembelajaran serta penggunaan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar, sehingga mereka mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi secara tepat bisa membantu proses belajar mengajar lebih lancar dan efisien serta membuat kurikulum tersebut menjadi lebih relevan bagi para peserta didik untuk menyongsong dunia kerja. Shedap!

Jika kamu memiliki antusiasme kamu terhadap teknologi dan pendidikan, jurusan ini pas banget buat kamu. Soalnya, mahasiswa yang cocok untuk mengambil jurusan ini adalah mereka yang setia mengikuti perkembangan teknologi, punya passion pada dunia pendidikan, visioner, terbuka terhadap banyak kemungkinan, mudah beradaptasi, antusias terhadap sesuatu yang baru, inovatif, dan peduli tinggi pada bidang pengembangan kualitas pendidikan.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan di Indonesia diantaranya adalah UPI, UNJ, UNY, UNS.

Prospek kerja jurusan ini: Spesialis Pelatihan dan Pengembangan, Konselor Edukasi, Dosen.

5. Mobile Application & Technology‍ 

Lintas bidang: Seni & Desain, Komunikasi

5

Jurusan Mobile Application & Technology memperkenalkan kamu dengan teknik-teknik dasar, pemahaman, cara menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan teknologi terapan di bidang mobile technology untuk berbagai macam platform. Perkembangan dan adopsi teknologi sendiri di dunia saat ini berkembang dengan pesat dan akan selalu berubah mengikuti tren. Akibatnya, hampir semua perusahaan dan produk yang berbentuk web harus mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi mobile sebagai bagian dari strategi diversifikasi mereka.

Transisi dari perekonomian yang sifatnya tradisional ke arah perekonomian yang berbasis internet, kreatif dan teknologi menjadikan Mobile Application Developer & Software Engingeering pekerjaan yang diproyeksikan tumbuh tercepat dan paling banyak dibutuhkan selama 10 tahun terakhir dan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan, sob. Makanya, lulusan jurusan ini diharapkan untuk dapat terus berupaya untuk mempertajam keahlian dan memperoleh keterampilan baru terkait dengan dinamika dan perubahan cepat yang terjadi dalam bidang teknologi, mobile dan komputer.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Mobile Application & Technology di Indonesia diantaranya adalah Binus University, PNM, UT Yogyakarta.

Prospek kerja jurusan ini: Android Developer, iOS Developer.

6. Technopreneurship‍ 

Lintas bidang: Ekonomi, Humaniora

6

Program Studi Technopreneurship bertujuan untuk mempersiapkan, melatih dan mendorong mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur yang mampu melahirkan dan mengembangkan usaha baru (small medium enterprise) berbasis teknologi unggul yang tepat guna. Upaya ini dilakukan dengan penggunaan berbagai cara/metode pembelajaran kreatif, inovatif dan terkini, sehingga mahasiswa diharapkan tidak terbatas hanya sebagai pengelola atau pemilik bisnis namun dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungannya.

Di jurusan ini, kamu bakal diajarkan metode berkreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan ide-ide yang berkaitan dengan teknologi. Perkembangan teknologi, digital, kreatif dan internet mengubah dinamika bisnis masa depan. Sebagai contoh, sharing economy seperti Gojek, Uber, Airbnb mengubah lanskap bisnis dan mendisrupsi bisnis-bisnis konvensional. Untuk itu, jurusan ini menuntut kamu untuk dapat memahami dinamika industri dan menerapkan teknologi sebagai "enabler" untuk membantu memecahkan berbagai macam masalah sosial yang ada.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Technopreneurship di Indonesia adalah Universitas Surya, President University, UI, Unair, Unud.

Prospek kerja jurusan ini: Pengusaha/Wirausahawan, Konsultan Pemasaran Digital, Arsitek Big Data.

7. Industrial Robotics Design‍ 

Lintas bidang: Ekonomi, Teknik

7

Jurusan Industrial Robotic Design atau Desain Robotika Industrial mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri. Hingga saat ini, permintaan industrial automation engineer yang kuat pada konsep dan aplikasi masih sangat besar karena hampir semua bidang industri membutuhkan profesi ini dengan kualifikasi yang baik. Dengan kata lain, prospek kariernya kinclong!

Daya saing dan keberlanjutan industri sangat ditentukan oleh produktivitas, kualitas produk, efektivitas dan efisiensi sistem produksi yang berbasis robot. Program studi ini akan membekali kamu dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang robot, terutama untuk aplikasi industri. Contohnya adalah otomasi proses produksi pada manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi, tekstil, dan lainnya.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Industrial Robotics Design di Indonesia diantaranya adalah ITS, UNS, PEN Surabaya.

Prospek kerja jurusan ini: Spesialis Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Mekanik Mesin Industri.

(sumber gambar: infovict.com, agrotechnomarket.com, rti.org, admission.lmu.edu, itproportal.com, cdn.com, kln.id, gereports.ca)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1