4 Miskonsepsi Tentang Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan kuliah yang belakangan ini sedang naik daun. Selain karena prospek industri teknologi memang semakin menjanjikan, juga karena industri makanan lagi ngetren. Pertumbuhan populasi dunia pun semakin tinggi, sementara zaman sekarang, jarang banget ada orang yang setiap hari makan makanan yang langsung dicomot dari kebon, alias nggak melewati proses pengolahan dulu. Nah, proses pengolahan pangan itulah bidangnya mahasiswa Teknologi Pangan.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang sama sekali nggak paham mengenai hal-hal umum seputar jurusan Teknologi Pangan. Bahkan singkatan jurusannya aja disalah artikan! Capede.

Jadi, kalau kamu yang tertarik dengan salah satu jurusan Fakultas Teknologi Ilmu Pertanian ini, pahami, deh, empat miskonsepsi mengenai jurusan Teknologi Pangan berikut ini.

Miskonsepsi #1: TekPang dikira jurusan teknik!

Jurusan Teknologi Pangan

Ini dia, nih, miskonsepsi yang paling bikin mahasiswa Teknologi Pangan gregetan! Mentang-mentang akronim nama jurusannya adalah tek-something, akronim tersebut sering banget dikira singkatan dari “teknik”.

Nggak heran kalau setiap kali ditanya jurusan kuliahnya, mahasiswa Teknologi Pangan selalu menyebutkan nama jurusannya dengan lengkap, supaya nggak ada yang salah paham. Agak ribet, sih, tapi mau gimana lagi, sob. Daripada nanti dianggap PHP?

Lho? Kok PHP?

Iya, PHP. Bayangkan kalau kamu ada dalam situasi berikut ini.

Kamu: Btw, lo kuliah jurusan apa?

Anak Tekpang: Jurusan TekPang, nih.

Kamu: *dengan mata berbinar penuh kekaguman* Wah, anak Teknik dong, ya?

Anak Tekpang: Hah? Bukan, bukan... TekPang, tuh, maksudnya Teknologi Pangan!

Kamu: ...Oh.

Yaaaaaah, ketipu!

Miskonsepsi #2: TekPang dikira sama dengan jurusan Gizi

Jurusan Teknologi Pangan

Secara umum, hal yang dipelajari mahasiswa jurusan Teknologi Pangan adalah cara menerapkan teknologi dan ilmu pengetahuan di industri bahan pangan—khususnya pasca panen—guna memperoleh manfaat seoptimal mungkin, sekaligus meningkatkan nilai guna dari pangan tersebut.

Berarti, jurusan Teknologi Pangan tidak sama dengan jurusan Gizi. In fact, kedua jurusan ini beda banget, lho. Meskipun bidang studinya sama-sama nyerempet soal pangan, jurusan Teknologi Pangan lebih fokus kepada proses pengolahannya, sementara jurusan Gizi lebih fokus kepada sumber dan konsumsinya.

Selain itu, seperti yang tadi sudah disebutkan, jurusan Teknik Pangan adalah bagian dari Fakultas Teknologi Ilmu Pertanian, sedangkan jurusan Gizi biasanya berada di bawah Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, atau Fakultas Ekologi Manusia—tergantung universitasnya.

Tuh, fakultasnya aja udah beda. Masih berani bilang kalau Teknologi Pangan sama dengan Gizi? *gulung lengan baju*

Miskonsepsi #3: Kegiatan mahasiswa TekPang dikira hanya masak-masak

Jurusan Teknologi Pangan

Meskipun nama jurusannya punya embel-embel “olah pangan”, jangan kira kegiatan mahasiswa Teknologi Pangan cuma masak-masak keren ala Masterchef. Itu mah kerjaannya mahasiswa jurusan Tata Boga!

Tugas utama mahasiswa Teknologi Pangan adalah mempelajari teknologi pengolahan bahan pangan, agar hasil akhirnya memiliki nilai guna yang lebih tinggi. Spesialisasinya banyak, sob! Ada pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, dan sebagainya.

Sebagai contoh, meskipun susu memiliki gizi tinggi, kamu nggak bisa seenak jidat minum susu yang belum diproses. Sebelum bisa dikonsumsi, susu harus terlebih dahulu melewati teknologi pasteurisasi yang dapat membunuh bakteri dan mikroba jahat, tanpa merusak nilai gizi ataupun mengubah sifat fisik susu. Nah, teknologi seperti itulah yang dipelajari oleh mahasiswa Teknologi Pangan. Jadi, bakteri dalam susu nggak bisa dibunuh dengan cara dihangatkan di kompor doang ya, gaes! Hihihi.

Miskonsepsi #4: Jenjang karirnya hanya mentok di level quality control

Jurusan Teknologi Pangan

Setiap mahasiswa sebenarnya punya insecurities terhadap jurusan pilihan mereka, apalagi terhadap pilihan karier setelah lulus nanti. Bahasan sensitif, nih, gaes! Nggak terkecuali mahasiswa jurusan Teknologi Pangan, karena konon katanya, pas kerja nanti, lulusan Teknologi Pangan bakal susah mencapai posisi atas.

Memang, ada banyak lulusan Teknologi Pangan yang jenjang kariernya "mentok" di quality control atau Teknisi Ilmu Pangan. Tetapi sebenarnya, jenjang karier lulusan Teknologi Pangan nggak terbatas!

Kalau kamu konsisten dan bekerja keras, kamu bisa banget jadi project manager di perusahaan tempat kamu bekerja. Atau, kalau kamu mengejar posisi yang lebih tinggi lagi, kamu bisa berkecimpung dalam proyek pengembangan suatu produk, lalu menjadi Ahli Teknologi Rasa atau Chief Technical Officer yang memegang “resep rahasia” produk tersebut.

Kalau kamu nggak mau bekerja di industri pengolahan pangan, kamu bisa memperdalam ilmu Teknologi Pangan kamu—misalnya, dengan lanjut kuliah sampai S2 bahkan S3—lalu bekerja sebagai akademisi atau Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan. Sementara kalau kamu punya jiwa pebisnis, nantinya kamu bisa coba membuka usaha mandiri dengan eksportir atau importir pangan berkualitas. Menang banyaaaak!

Itulah sebabnya mengejar karier yang ciamik setelah lulus dari jurusan Teknologi Pangan nggak boleh lupa untuk direncanakan sedini mungkin, gaes. Selain gigih mengembangkan kemampuan di bidang terkait dan memperkaya berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja, faktor lainnya juga dapat mempengaruhi masa depan kamu—seperti memilih kampus yang tepat, contohnya.

Bicara soal kampus yang menyediakan jurusan Teknologi Pangan, Universitas Sahid Jakarta bisa jadi salah satu kampus yang bisa kamu pertimbangan jika kamu berdomisili di kota Jakarta dan sekitarnya (atau kamu yang berada di luar daerah sekali pun). Dengan kurikulum ajar yang progresif serta dosen pengajar yang profesional di bidangnya, kamu akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kuliah yang nggak akan kamu dapatkan di kampus lain.

Universitas Sahid juga mendukung fasilitas pembelajaran untuk mahasiswa Teknologi Pangan secara penuh, mulai dari laboratorium superlengkap sampai akses pembelajaran online learning yang membuat mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran dimana pun dan kapan pun. Serunya lagi, Universitas Sahid memiliki Career Development Center (CDC) yang membantu alumni untuk terhubung dengan ribuan kesempatan terbaik dari berbagai industri untuk dapat berkarier sebagai lulusan Teknologi Pangan yang mumpuni.

Jadi, tunggu apa lagi, gaes? Klik link di bawah ini untuk memulai langkahmu menjadi seorang mahasiswa Teknologi Pangan di Universitas Sahid!

Baca juga:

(sumber gambar: nutritionsecrets.com, forcailini.blogspot.com, haikudeck.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1