Selain Cari Kerja dan Lanjut S2, Inilah Beberapa Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Kuliah

"Mau lanjut sekolah (S2) atau cari kerja?"

Pertanyaan seperti ini sering didengar mahasiswa tingkat akhir. Jarang banget terdengar opsi lain selain dua pilihan itu. Kecuali nikah kali, ya. Hehehe. Dan menganggur, jelas bukan pilihan.

Padahal, setelah lulus kuliah ada banyak kesempatan terbuka lho, selain melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi atau  mencari kerja. Kalau masa "lowong" selepas lulus tersebut kamu isi dengan baik maka bisa jadi nilai nilai plus saat kamu melamar kerja, lho. 

Apa aja kegiatannya?

1. Magang

Magang merupakan sesi warming up sebelum kamu masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Percayalah, dunia kampus sangat berbeda dengan dunia kerja, gaes. Dengan magang, kamu jadi punya pengalaman bekerja meskipun belum jadi karyawan.

Kalau kamu sukses jadi anak magang, bukan nggak mungkin atasan atau supervisor-mu menawarkan posisi pekerjaan untukmu. Kalaupun kamu nggak langsung dapat tawaran pekerjaan, setidaknyanya pengalaman magang akan memberi poin plus untuk CV.

Trus, ngapain dong magang, kenapa nggak cari kerja aja? Pertama, magang bisa jadi jalan kamu untuk latihan dan penyesuaian. Kedua, banyak perusahaan keren yang nggak membuka lowongan kerja tapi membuka kesempatan magang. Apalagi kalau magangnya kayak di Silicon Valley. Worth to try!

2. Volunteering

Volunteer bisa menjadi pilihan kamu. Dari ikut kegiatan volunteering, kamu akan belajar banyak hal, salah satunya adalah etos kerja dan semangat giving back alias berkontribusi. Kamu akan merasakan, rasanya harus total mengerjakan sesuatu, tanpa dibayar. Di sisi lain kamu pun akan belajar bahwa perbuatan "kecil" seperti ikutan Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan volunteer lainnya bisa sangat bermanfaat bagi orang lain. Itu sangat luar biasa dan sulit untuk diukur dengan materi. 

3. Kursus Bahasa Asing

Belajar bahasa asing sudah pasti akan memperkaya skill yang kamu punya. Lebih bagus lagi kalau kamu menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. Kalau kamu ingin kerja di Jepang, misalnya, kemampuan bahasa Jepang tentu akan sangat jadi poin plus untuk bisa diterima kerja. Hal ini juga berlaku buat kamu yang mau lanjut sekolah di luar negeri dan memerlukan persyaratan bahasa setempat. Yang penting kamu harus rajin dan semangat mengikuti kursus.

4. Traveling

Mungkin traveling emang nggak berdampak apapun dengan CV-mu. Kenapa kami cantumkan traveling di sini?

Karena setelah kamu dapat kerja atau lanjut S2, belum tentu kamu punya kesempatan banyak untuk traveling ke tempat-tempat jauh. Kalau kamu kerja, kamu punya tanggung jawab besar ke pekerjaan. Kalau kamu lanjut sekolah, kamu juga pasti akan sibuk dengan kegiatan perkuliahan, penelitian, proyek, serta seminar ini-itu. 

Traveling juga bisa jadi caramu untuk melepas penat setelah berjuang mati-matian untuk skripsi. Kamu perlu refresh dirimu sejenak sebelum jump-in ke hal-hal besar yang menantimu. Itung-itung sekalian sedikit merayakan kelulusan kan?

(sumber gambar : gv.ymca.ca, trainingsnews.com, www.aies.ec, applelanguages.com, huffingtonpost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1