Persiapan Magang - Inilah Pertanyaan yang harus Kamu Tanyakan Ke Perusahaan Sebelum Mulai Magang

Seperti yang sudah sering Youthmanual ceritakan, kegiatan magang adalah sesuatu yang banyak banget manfaatnya. Kegiatan magang bisa sangat menyenangkan atau sangat membosankan. Semua tergantung kamu menyikapi kesempatan tersebut. Makanya, penting untuk memilah tempat magang yang pas dan bekerja dengan sebaik-baiknya. Dan yang paling penting nih, gaes, jangan biarkan mitos-mitos tentang magang bikin kamu jadi malas mencoba dan melakukan banyak kesalahan di tempat magang.

Dirangkum dari berbagai sumber, termasuk pengalaman para senior yang pernah magang, berikut pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke perusahaan sebelum kamu mulai magang. Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, harapannya kegiatan magang kamu jadi lebih lancar dong, ya!

1. Jam berapa saya harus tiba di kantor?

Rata-rata setiap kantor mengharuskan karyawannya datang jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Ini sudah termasuk waktu istirahat selama 1 jam. Tapi perusahaan-perusahaan zaman sekarang, terutama start up, lebih fleksibel dalam merancang jam kerja mereka.

Meskipun misalnya perusahaan tempat kamu magang punya jam kerja yang fleksibel, tetap tanyakan detailnya ya, gaes. Soalnya, kamu jadi punya gambaran jam berapa harus bersiap dan nggak datang asal-asalan. Nggak mau, dong, terkenal jadi anak magang yang doyan datang sembarangan?

2. Pakaian seperti apa yang biasanya digunakan di perusahaan ini?

Banyak perusahaan yang mengizinkan anak magang berpakain kasual atau santai. Meskipun begitu, ada juga yang mengharuskan anak magang memakai pakaian seragam hitam putih atau pakaian resmi seperti kemeja dan celana bahan.

Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu jadi tahu aturan yang ditetapkan dan punya waktu untuk mempersiapkan baju-baju yang ditentukan oleh perusahaan tempat kamu magang. Jangan sampai jadi anak magang yang terlalu dress up atau malah dress down.

3. Apakah saya harus membawa laptop atau peralatan bekerja lainnya?

Waktu saya magang pertama kali di sebuah perusahaan, saya lupa menanyakan hal ini. Akibatnya, hari pertama magang benar-benar blank! Perusahaan belum menyediakan komputer, sementara saya juga nggak membawa apapun.

Nah, untuk menghindari kesalahan seperti itu, sebaiknya kamu menanyakan pertanyaan ini di awal, gaes. Oh iya, untuk kamu yang magang menjadi pekerja kreatif seperti desainer grafis, fashion desainer dan sejenisnya, bawa peralatan khusus yang biasa kamu pakai untuk jaga-jaga siapa tahu itu dibutuhkan, ya.

4. Bagaimana dengan ketentuan makan siang di perusahaan?

Beberapa perusahaan menyediakan makan siang untuk karyawannya, lho. Tapi belum tentu mereka menyediakan makan siang untuk anak magang. Karena itu, penting untuk kamu bertanya lebih dulu. Supaya kamu bisa mempersiapkan bekal dari rumah atau mencari tahu lokasi kantin yang bersahabat.

5. Siapa yang harus saya hubungi kalau ada masalah di kantor?

Catat email atau nomor kontak supervisor di perusahaan tempat kamu magang. Biasanya, orang ini juga merupakan tempat kamu melapor semua hasil pekerjaan. Dengan menanyakan pertanyaan ini, kamu jadi tahu siapa yang harus kamu jadikan pegangan. Ibaratnya, dia adalah mentor awal dan guardian kamu.

Hiring manager biasanya berbeda dengan supervisor. Makanya yang mewawancarai kamu belum tentu orang yang bakal banyak bekerja sama dengan kamu.

6. Adakah kompensasi yang saya dapatkan selama magang?

Jangan takut atau malu untuk menanyakan hal ini. Perusahaan yang peduli sama karyawannya juga pasti peduli sama anak magangnya. Oh iya, jangan juga mengharapkan kompensasi berupa gaji yang besar ya, gaes. Biasanya kompensasi untuk anak magang hanya berupa biaya transportasi dan makan siang. Tapi penting untuk kamu tahu apa yang diberikan oleh perusahaan.

Good luck on your internship, sob!

 

(Sumber gambar: ivicon.com.tw, assets.entrepreneur.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1