5 Hal yang Sering Dilanggar Anak Magang, Padahal Penting Untuk Penilaian dan Masa Depan Karier

Kesalahan yang mungkin diangaap remeh dan (lumayan) sering dilakukan anak magang berikut ini, ternyata fatal akibatnya. Mulai dari kehilangan kesempatan diangkat sebagai pegawai, mendapat rekomendasi buruk, sampai diberikan nilai yang pas-pasan. Ouch!

Makanya, jangan sampai kamu melakukan hal ini saat magang:

1. Tidak masuk tanpa izin tanpa dan alasan yang jelas.

Inilah penyakit sebagian anak magang. Entah “lupa“ bilang, ada urusan mendadak dan penting seputar kampus (yang seharusnya tetap bisa ngabarin ke kantor), jenuh, atau pulsa habis (jadi nggak bisa hubungin kantor/supervisor).

Menurut HR dan manajer di perusahaan, kelakuan anak magang mendadak absen tanpa alasan jelas sangat annoying dan si anak magang tersebut langsung dapat nilai minus. Ia pun dianggap nggak bertanggung jawab dan nggak serius dalam bekerja.

2. Datang telat atau pulang duluan, sebelum waktu yang ditentukan.

Mungkin si anak magang merasa nggak ada yang menegur atau semua “santai” aja. Tapi kedisiplinan kamu dalam soal waktu akan sangat dinilai sama perusahaan.

3. Nggak mengumpulkan tugas sesuai deadline.

Di kampus, telat-telat dikit ngumpulin tugas nggak terlalu fatal akibatnya atau masih "diampuni". Apalagi kalau pakai alasan. Tapi di dunia kerja? Beuh, lain lagi ceritanya! Saat kamu telat deadline--apalagi nggal mengerjakan tugas--kamu akan menghambat pekerjaan seluruh tim.

Penyakit lain berkaitan sama tugas adalah tidak mengumpulkan apabila nggak ditagih. Padahal mungkin orang di kantor malas dong, kalau harus mengingatkan dan menagih. Harusnya masing-masing bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

magang

4. Office rules.

Tiap kantor biasanya menerapkan aturan khusus yang berbeda-beda. Dari aturan yang krusial, sampai yang detail. Nah, biasanya yang detail sering diabaikan karena nggak dipandang penting.

Misalnya, rules setiap jumat pakai batik, jam makan siang hanya pukul 12.00-13.00, harus makan di kantin kantor, aturan pemakaian dapur kantor beserta perlengkapan makan, dan lain sebagainya.

Biasanya sih, anak magang melanggar rules tersebut karena ikutan senior yang juga melanggar. Trus, merasa nggak bakalan ngaruh saat melanggarnya, karena itu toh cuma hal yang “sepele”. Padahal, kemungkinan besar diam-diam pelanggaran yang kamu lakukan dicatat. Atau mungkin saja nggak dicatat, tapi kelakuan kamu disebelin orang-orang seantero kantor. Nah, lho!

5. Tidak memenuhi kewajiban.

Ini terkait dengan kesepakatan yang kamu buat di awal magang, mengenai kewajibanmu pada perusahaan. Misalnya, kamu diwajibkan menulis dan mengumpulkan laporan tiap minggu, menyerahkan karya tulis hasil magang dan lain sebagainya. Kenyataannya, kamu mangkir dari janji tersebut.

Sayang banget, sob! Jangan sampai gara-gara kelalaian atau kemalasan tersebut peluang kerja kamu jadi terhambat.

(sumber gambar: studyandwork.com.au, hercampus.com) 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1