Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Bekerja di NGO

NGO (Non-Governmental Organization) atau LSM adalah suatu lembaga yang didirikan oleh sekelompok masyarakat dalam rangka suatu misi sosial. Misi sosial yang dimaksud bisa bermacam-macam bidangnya. Kebanyakan NGO fokus di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta pengentasan kemiskinan.

Bekerja di NGO selama ini masih sering dianggap kurang bergengsi dibandingkan bekerja di perusahaan besar. Soalnya, NGO 'kan nggak nyari profit. Alhasil banyak yang ragu deh, untuk kerja di NGO.

Meskipun begitu, tetap ada orang yang bercita-cita berkarir di NGO. Mungkin karena memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tapi, sebelum memutuskan berkarir di NGO, sebaiknya kamu harus tahu hal-hal ini, gaes.

1. Di samping memiliki kepedulian, juga harus kritis.

Salah satu fungsi NGO adalah sebagai corong masyarakat. Ketika ada kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat, di situlah NGO bertindak. Trus, ketika ada konflik antara perusahaan swasta dengan sekumpulan masyarakat, NGO dapat memberikan advokasi. 

Dari situ terlihat kalau sikap kritis, namun tetap objektif, diperlukan untuk bisa bekerja dengan baik di NGO.

2. Siap dikirim ke luar kota (bahkan luar negeri)

kerja di NGO

Wilayah kerja NGO biasanya luas dan  terus berkembang. Nah, penambahan lingkup kerja nggak ini nggak selalu diiringi dengan penambahan tenaga kerja. Alhasil, setiap pekerja NGO pada dasarnya harus siap kerja di mana pun. Mesti bersedia jika tiba-tiba harus dtugaskan di berbagai tempat. 

3. Skill bahasa asing, terutama bahasa Inggris, merupakan modal penting.

NGO pun biasanya menjalin kerjasama dengan NGO-NGO lainnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Kalau kamu ingin mendapat kesempatan seluas-luasnya selama bekerja di NGO, persiapkan bahasa Inggris-mu dengan baik.

4. Siap bekerja dengan sumber daya terbatas dan misi yang besar

Bekerja di NGO berarti harus siap melakukan berbagai besar dengan sekelompok tim kecil, dana terbatas, dan terkadang waktu yang singkat. Ini adalah kenyataan yang terasa pahit untuk sebagian orang. Jangan sampai pas udah kerja di suatu NGO, kamu  jado sering ngeluh karena diminta bikin acara dengan dana minim.

Well, memang begitu kebanyakan cara kerja NGO. Kamu selalu dituntut untuk berpikir strategis dan kreatif dengan sumber daya yang minimalis. Bagi mereka yang suka dengan tantangan kerja di NGO justru menjadi tempat belajar dan mengembangkan diri.

5. Tidak semua yang bekerja di NGO adalah relawan

Dulu saya berpikir kalau semua orang yang kerja di NGO adalah relawan. Artinya. mereka emang nggak digaji. Ternyata dugaan saya salah, tuh! Di NGO juga ada yang namanya staf, termasuk manajerial, yang juga mendapat gaji. Jadi nggak semua pekerja NGO merupakan volunteer.

Meskipun dibayar, pekerja NGO mesti siap dengan gaji yang bisa jadi nggak seberapa. Karena pada dasarnya tujuan NGO adalah misi kemanusiaan dan bukan profit. Jadi bisa tetap menghasilkan sih, tapi bukan hal utama bagi pekerja NGO.

Apakah kamu tertarik bekerja di NGO?

(Sumber gambar : worldwildlife.org, unicef.lt, worldwildlife.org)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1