5 Profesi yang Bisa Dijajal Lulusan Biologi

Kalau bicara soal jurusan kuliah Biologi, kebanyakan calon mahasiswa nggak hanya mempertanyakan seputar perkuliahannya, tetapi juga prospek kerja lulusan jurusan Biologi. Kebanyakan orang berpikir lulusan Biologi paling-paling jadi dosen atau guru.

Wah, kalau kamu juga masih berpikiran begitu, berarti kamu harus lebih gaul, sob! Perluas wawasan kamu, deh. Selain dosen dan guru, ada banyak, kok, peluang-peluang kerja lain yang bisa diraih lulusan juruan Biologi. Misalnya...

1. Peneliti Laboratorium

Kalau kamu teliti, suka eksperimen, dan suka dengan hal-hal prosedural, kamu bisa jadi peneliti sains. Di Indonesia, ada banyak lembaga yang membutuhkan peneliti, seperti LIPI, Eijkman Institute, dinas-dinas pertanian dan kehutanan, serta perguruan tinggi. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, berbagai perusahaan—termasuk perusahaan-perusahaan produsen consumer goods—di bagian Research & Development, bahkan kepolisian untuk menguji DNA serta barang-barang bukti lainnya. Pokoknya, kalau kamu jadi peneliti, kamu akan merasakan banyak sekali manfaat dari kemampuan yang kamu dapatkan selama praktikum di kampus.

2. Field Researcher

Gimana kalau kamu suka meneliti, tetapi nggak suka terkungkung di dalam laboratorium? Tenang, sob. Kamu bisa juga jadi peneliti lapangan! Biasanya, pekerjaan riset lapangan untuk lulusan Biologi berkisar di lingkup analisa biodiversitas. Kamu bisa bekerja di Taman Nasional yang dikelola pemerintah, atau di NGO yang bergerak di bidang lingkungan seperti WWF atau FFI (Flora Fauna International).

3. Host Acara Petualangan

Sekarang ini, ada banyak acara TV seputar kegiatan petualangan atau alam, baik di TV lokal atau di saluran internasional seperti National Geographic dan Animal Planet. Nah, kalau kamu adalah lulusan Biologi yang suka cuap-cuap di depan kamera, kamu bisa banget jadi host acara-acara tersebut.

Pasalnya, mahasiswa Biologi sudah terbiasa “ditempa” di lapangan, sehingga mahasiswa Biologi punya kemampuan bertahan hidup dan bekerja yang baik, khususnya di alam bebas.

Selain itu, sebagai anak Biologi, kamu pun jadi kenal dengan berbagai macam spesies dan ekosistem. Maka ketika sedang nge-host di lapangan, kamu bisa mengeksplor lebih banyak hal. Ini adalah kemampuan yang hanya dimiliki anak Biologi, lho.

4. Pengusaha

Punya minat di bidang entrepeneurship? Lulusan Biologi tetap cocok, lho, jadi pebisnis! Soalnya, pada dasarnya, Biologi adalah ilmu yang aplikatif dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kamu bisa buka usaha perkebunan, peternakan, tambak, pet shop, florist, atau berbagai usaha lain yang membutuhkan penerapan konsep Biologi. Gibran Huzaifah, CEO eFishery, adalah salah satu contoh pengusaha yang bergerak di bidang aplikasi ilmu Biologi.

5. Wildlife Photographer

Kalau kamu penikmat fotografi, khususnya fotografi alam liar, kamu pasti tahu Riza Marlon alias Bang Caca. Nah, Bang Caca ini lulusan Biologi, lho. Pada dasarnya, lulusan Biologi bisa banget jadi fotografer atau videografer alam liar, karena ketika kuliah, kamu harus menjalani kuliah lapangan dan mendokumentasikan hasil pengamatan kamu.

Kalau kamu terus mengasah skill fotografi kamu, lama-lama kamu bakal jadi jagoan dalam menangkap berbagai unsur dan fenomena alam. Bukan nggak mungkin kalau foto-foto hasil jepretan kamu nanti nangkring di National Geographic!

(sumber gambar: tsunamiglassworks.blogspot.com, print.kompas.com, ngm.nationalgeographic.com, simplepimple.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1