5 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Kamu Gagal Bekerja di Perusahaan Impian Setelah Lulus Kuliah

Semua orang punya tempat kerja impian. Bahkan mungkin, sejak masih kuliah, kamu sudah bekerja keras untuk menjadi yang terbaik, agar pada akhirnya kamu bisa bekerja di perusahaan idaman tersebut—bela-belain begadang ngerjain tugas dan belajar demi mengejar IPK tinggi, trus berusaha tetap aktif di organisasi kampus mesikpun badan udah le-li alias lelaaah sekaliii.

Begitu resmi jadi sarjana, CV pun buru-buru kamu lempar ke perusahaan tersebut. Mungkin kamu beruntung dan langsung keterima bekerja di sana, tapi mungkin juga kamu “belum berjodoh”. Jangankan keterima bekerja di tempat impian, sekedar dipanggil interview aja nggak sama sekali. Akhirnya mungkin kamu end up di tempat kerja yang nggak sesuai dengan background pendidikan ataupun passion kamu.

Belajar menerima bahwa kenyataan nggak semulus pipi Princess Syahrini memang nggak gampang, sob. Merasa kecewa, sih, wajar banget. Tapi pengalaman ini juga bisa kamu jadikan pelajaran. Inilah lima hal yang harus kamu ingat, kalau kamu gagal bekerja di tempat impian setelah lulus kuliah!

Kalau kamu BELUM diterima di perusahaan impian kamu, bukan berarti kamu NGGAK BAKAL diterima

Kalau kamu nggak diterima kerja di perusahaan idaman, terkadang bukan karena kualifikasi kamu nggak OK, lho, tetapi karena perusahaannya belum membutuhkan tenaga kerja baru.

Pantengin terus website perusahaan impian kamu tersebut dan rutin cek info job vacancy-nya. Kalau perlu, kontak atau datangi HRD-nya, trus bilang bahwa kamu sangat ingin bekerja di perusahaan tersebut. Sampaikan bahwa kamu siap dipanggil wawancara kerja kapan aja. HRD pasti memperhatikan usaha yang super niat begitu, kok, apalagi kalau kualifikasi kamu juga menunjang. Misalnya, IPK kamu di atas rata-rata dan pengalaman organisasi kamu OK.

Dalam melamar kerja, timing is everything, gaes!

Mungkin ini adalah kesempatan kamu untuk mempertajam skill dengan bekerja di tempat lain dulu

Coba renungin, deh. Mungkin memang sudah takdirnya kamu bekerja di tempat lain dulu, baru bisa kerja di perusahaan impian. Soalnya dengan bekerja di tempat lain terlebih dahulu, skill dan etos kerja kamu jadi terasah. Misalnya, skill presentasi, teamwork, kerja di bawah tekanan, menghadapi bos dan klien, dan lain sebagainya. Percaya dong, ya, kalau segala sesuatu itu diberikan ke kamu kalau kamunya sudah siap.

Perusahaan Idaman 1 - Youthmanual

Tetaplah bekerja keras dan menjaga profesionalitas

Meskipun belum bekerja di perusahaan impian, kamu tetap harus semangat dan profesional dalam bekerja, di mana pun tempat kerja kamu. Jangan malas-malasan, tetap ngantor tepat waktu, dan tetap selesaikan pekerjaan kamu sebaik mungkin. Pokoknya, kamu harus konsisten menunjukkan kinerja yang baik. Soalnya, kalau pada akhirnya kamu berkesempatan bekerja di perusahaan impian, siapa tahu perusahaan kamu yang sekarang bersedia memberikan surat rekomendasi yang oke!

Perusahaan Idaman 2 - Youthmanual

Terus-terusan down dan gagal move on nggak akan ada gunanya

Belum keterima kerja di perusahaan impian memang bisa bikin sedih dan down. Tapi tahu nggak, apa yang bakal bikin kamu tambah down? Kalau kamu gagal move on dan terus meratapi nasib sambil mikir, “Kenapa, ya, gue gagal keterima kerja di sana?”. Akhirnya, kamu jadi lebih banyak meratap daripada bekerja dan berusaha. Jangan sampai kamu jadi orang yang nggak bersyukur, ah, gaes! Lagian, mumpung masih muda, ada banyak yang bisa kamu pelajari dan lakukan.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah di tempat kerja impian kamu, kamu akan mengerjakan pekerjaan impian kamu juga?

Last but not least, kamu harus pikirkan baik-baik—kenapa, sih, kamu ingin bekerja di perusahaan itu? Karena kamu kagum dengan visi misi perusahaannya, atau karena perusahaannya keren dan beken? Karena kamu menyukai jenis pekerjaan yang mereka tawarkan, atau karena sekedar ikut-ikutan teman? Kenapa, sih, kamu HARUS BANGET kerja di sana?

Perusahaan Idaman 3 - Youthmanual

Ingat ah, setiap orang punya proses hidup yang berbeda-beda. Jangan ngebet kerja di suatu tempat hanya karena semua orang juga kerja di sana. Be proud of being different!

(Sumber foto: weavora.com, kaplan university.edu, azquotes.com, 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1