10 Profesi yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Serta Alasan Mereka Dibutuhkan

Presented by:

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Atau lagi galau merancang profesi masa depan?

Michael Page, sebuah perusahaan spesialis rekrutmen di Inggris, melakukan riset untuk mencari tahu, apa aja pekerjaan dan profesi yang paling banyak dibutuhkan di 24 negara yang berbeda.

Hasilnya?

Buat kamu yang sudah atau berencana berkarier sebagai insinyur di bidang pengembangan software, good news! Kamu sudah berada di jalur yang tepat! Soalnya, berdasarkan riset Michael Page, Software Engineers & Developers adalah profesi yang paling banyak dicari di dunia—termasuk di Indonesia—untuk saat ini dan akan datang.

Nggak heran kalau sekarang ini, perusahaan-perusahaan rintisan alias startup berbau teknologi pada berkembang pesat, seperti Tokopedia, Go-Jek, Traveloka, Uber, Grab, Airbnb, dan sebagainya. And I’m sure they will keep growing! Apalagi pemerintah Indonesia ‘kan mulai mendorong kemajuan industri kreatif berbasis teknologi.

Ironisnya, ternyata Indonesia masih kekurangan banyak tenaga muda profesional untuk menggerakan industri ini. Bahkan, di tahun 2014, pemerintah sudah memprediksi kalau Indonesia bakal kekurangan ratusan ribu, bahkan jutaan, insinyur.

Dampaknya cukup konkrit, sob. Saking nggak adanya insinyur lokal yang kompeten, Go-Jek aja musti “mengimpor” puluhan progammer dari India. Grab, perusahaan saingan Go-Jek dari negara tetangga, pun harus buka kantor Research & Engineering di Seattle, AS agar bisa merekrut ratusan engineer dan programmer yang kompeten.

Anyways, berikut adalah 10 profesi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di seluruh dunia.

Software Engineers & Developers (Insinyur & Pengembang Perangkat Lunak)
Jurusan kuliah: Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Berhubung sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif serta Teknologi, Software Engineers & Developers alias insinyur dan pengembang perangkat lunak diproyeksikan sebagai profesi yang pertumbuhannya paling cepat serta paling banyak dibutuhkan selama 10 tahun terakhir, dan akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika, Teknik Komputer atau Ilmu Komputer tentunya punya peluang yang oke untuk bekerja di bidang ini, apalagi kalau sudah punya pengalaman kerja praktek semasa kuliah.

Kalau kamu memilih bekerja di bidang ini, jangan lupa untuk selalu mempertajam keahlian dan meng-update keterampilan, ya, berhubung dinamika dan perubahan di bidang teknologi dan komputer sangatlah cepat.

Electronics Engineers (Insinyur Elektronik)
Jurusan kuliah: Teknik Elektro

Alasan profesi Electronic Engineer banyak dicari hampir sama dengan alasan di atas, yaitu karena sekarang perekonomian sudah berbasis Internet, Kreatif dan Teknologi.

Pekerjaan utama Electronic Engineer terkait dengan desain, riset dan pengembangan perangkat-perangkat elektronik berbasis Internet, seperti sistem komunikasi, GPS, alat deteksi, dan sebagainya. Perangkat-perangkat elektronik ini akhirnya banyak mendorong kelahiran perusahaan hardware dan “internet of things” baru seperti Nest, Jawbone, dan Quirky.

Nggak mau kalah, perusahaan-perusahaan hardware konvensional seperti Intel, Phillips, Samsung juga ingin membuat banyak inovasi baru. Akibatnya? Insinyur Elektronik makin laku, deh!

Mechanical Engineers (Insinyur Mekanik)
Jurusan kuliah: Teknik Mesin

Profesi di bidang Teknik Meskin diproyeksikan akan tumbuh sekitar 5% dari tahun 2012 hingga 2024, sehingga insinyur Teknik Mesin punya peluang besar untuk bekerja di banyak industri di berbagai jenis proyek. 

Mahasiswa yang terbuka dan up-to-date dengan kemajuan teknologi punya prospek yang oke banget di bidang ini.

Perawat
Jurusan kuliah: Keperawatan, Kebidanan

Profesi keperawatan diproyeksikan tumbuh 16% dari tahun 2012 hingga 2024 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jauh lebih tinggi dari angka pertumbuhan rata-rata pekerjaan lain, lho! Kok bisa?

Hal ini terjadi karena meningkatnya kebutuhan penanganan dan pencegahan medis, meningkatnya penyakit kronis, dan meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan untuk generasi Om-Bapak kita yang lahir tahun 1946-1964.

Dokter dan Praktisi Kesehatan
Jurusan kuliah: Kedokteran, Kesehatan Masyarakat

Alasannya sama seperti alasan berkembangnya profesi Keperawatan di atas.

Civil Engineers (Insinyur Sipil)
Jurusan kuliah: Teknik Sipil

Profesi insinyur sipil diproyeksikan tumbuh 8% dari tahun 2012 hingga 2024, meski bervariasi di masing-masing lokasi. Misalnya, profesi insinyur sipil di negara berkembang—seperti Indonesia—lebih cepat berkembang dibandingkan di negara maju.

Presiden Jokowi sendiri sudah mencanangkan percepatan proyek-proyek infrastruktur. Nah, dengan demikian, insinyur sipil bakal banyak dibutuhkan untuk mengelola proyek-proyek pembangunan infrasktruktur tersebut, seperti perumahan, bandara, transportasi (MRT, kereta cepat), jalan tol, dan sebagainya. Soalnya, gara-gara Indonesia krisis insinyur, program pengembangan infrastruktur Jokowi terhambat, lho.

Kabar gembira, nih, buat anak Teknik Sipil!

IT Data Analysts (Analis Data Teknologi Informatika)
Jurusan kuliah: Teknik Informatika, Ilmu Komputer

Karena kemajuan Internet dan konektivitas sudah sangat pesat, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai macam informasi dan data dengan sangat cepat, misalnya, data-data untuk memahami tren dan perilaku konsumen.

Masalahnya, sebagian besar data yang terkumpul tersebut biasanya masih sangat “mentah” sehingga susah dipahami para CEO dan pengambil keputusan di perusahaan. Nah, tenaga Data Analis lah yang bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan.

Profesi data analis adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan dan cepat berkembang, serta di proyeksikan tumbuh antara 3% - 7% hingga tahun 2022.

Akuntan
Jurusan kuliah: Akuntansi

Profesi akuntan dan auditor diproyeksikan tumbuh 11% dari tahun 2012 hingga 2024  di seluruh dunia, lebih cepat dari pertumbuhan rata-rata pekerjaan pada umumnya.

Secara umum, pertumbuhan profesi akuntan dan auditor terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi negara. Sehingga tingkat kebutuhan profesi ini bervariasi, tergantung pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Nah, dengan semakin bertumbuhnya ekonomi Indonesia, profesi akuntan akan semakin dibutuhkan dan diminati.

Engineering Managers (Manajer Teknik)
Jurusan kuliah: Semua Teknik

Engineering Manager bertugas untuk merencanakan langsung dan mengkoordinasikan kegiatan engineering di perusahaan, dan ia biasanya membawahi beberapa anggota tim.

Karena perkembangan industri Indonesia semakin maju, Engineering Manager adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan.

***

Kesimpulannya, tiga profesi yang paling banyak dicari di dunia setelah software engineer and developer adalah insinyur elektronik, insinyur mekanik, serta perawat.

Menariknya lagi, 7 dari 10 pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan, adalah profesi yang terkait dengan engineering. Nggak heran kalau Indonesia bakal kekurangan banyak insinyur di masa depan!

Merasa bidang-bidang ini nggak ada yang sesuai dengan minat kamu? Tenang, sob! Masih banyak profesi seru dan bermasa depan cerah yang akan kami bahas. Stay tune!

Profesi Paling Banyak Dibutuhkan Youthmanual

(sumber foto: kiplinger.com, merdeka.com, under30ceo.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1