Cara Orang Sukses Bangkit dari Kegagalan dan Kegalauan. Perlu Dicontek!

Perjalanan hidup orang-orang sukses nggak selalu mulus, sob! Mereka juga pernah mengalami gagal, ditolak, di-PHP-in (eaaaak!), dan hal yang bikin galau lainnnya. Begini nih, cara mereka menghadapinya!

Oprah

oprah

Masa sulit:

Sejak kecil, ortu Oprah bercerai. Ia mengalami pelecehan seksual, hidup dalam kondisi sulit, sempat hamil di usia 14, kemudian bayinya meninggal setelah dilahirkan. Sedih, banget!

Apa yang dilakukan:

*Setelah mengalami titik terendah dalam hidupnya (hamil di usia sangat muda, dan anaknya meninggal dunia), Oprah merasa diberi kesempatan kedua dalam hidup. Maka, Oprah remaja merasa harus berubah dan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

* Ia mulai banyak membaca, 1 buku dalam 1 pekan. Ia pun berusaha menjadi murid yang baik, aktif dan berprestasi di sekolah. Dengan tekad kuat, ia benar-benar berjuang mengubah jalan hidupnya.

*Di usia 16 tahun Oprah terpilih menjadi Miss Fire Prevention di Nashville. Ia merupakan cewek kulit hitam pertama yang mendapatkan gelar tersebut. Prestasi tersebut bikin Oprah makin bersinar.

* Selanjutnya, Oprah menjadi Miss Black Tennesse dan meraih beasiswa di Tennesse State University.

* Di usia 22 tahun ia menjadi penyiar televisi, karier yang membawanya menggapai kesuksesan. 

Kutipan inspiratif:

Turn your wounds into wisdom.

The big secret in life is that there is no big secret. Whatever your goal, you can get there if you're willing to work.

J.K. Rowling

j.k. rowling

Masa sulit:

Menjadi single parent dengan seorang anak yang masih balita. Walau ggak punya pekerjaan yang mapan, J.K. Rowling berusaha memenuhi kebutuhan mereka berdua. Ia pun tetap membuat buku. Namun setelah bukunya selesai, J.K, Rowling banyak mendapat penolakan dari penerbit.

Apa yang dilakukan:

* Walaupun harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan sang anak yang masih kecil, J.K. Rowling tetap meluangkan waktu untuk menulis.

* Katanya, menulis lah yang bikin J.K. Rowling terus semangat, meskipun hidup dalam kesusahan.

* Kegundahan hatinya banyak yang dituangkan ke dalam cerita di buku Harry Potter. Seperti kesedihan Harry akan kehilangan orang tua, sosok dementor yang menyedot kebahagiaan dan lain sebagainya.

Kalau dilihat dari pengalaman J.K. Rowling, ternyata hal-hal menyedihkan dan membuat terpuruk bisa disalurkan dalam bentuk kreativitas.

* Ia menulis di berbagai tempat, sambil mengajak anaknya jalan-jalan. Saat si anak tidur, ia lanjut mengerjakan tulisannya.

* J.K Rowling mengirimkan tulisannya ke 12 penerbitan dan semuanya DITOLAK! Baru setahun kemudian, karyanya disetujui oleh penerbit Bloomsbury untuk dibuat buku.

Kutipan inspiratif:

Climbing out of poverty by your own efforts, that is indeed something on which to pride yourself.

Sophia Amoruso

sophia amoruso

Masa sulit:

Nyaris nggak lulus SMA, nggak kuliah, nggak punya pekerjaan tetap, hingga sempat nggak punya tempat tinggal tetap dan mengais makanan dari tempat sampah. Puncaknya, ia  sempat tertangkap karena mencuri di toko.

Apa yang dilakukan:

* Tertangkap menguntil di pertokoan bikin Sophia sangat kapok. Sophia menyebutkan bahwa momen tersebut menjadi titik balik hidupnya.

* Ibarat udah jatuh tertimpa tangga, Sophia pun menderita penyakit hernia. Karena harus mendapatkan asuransi kesehatan demi mengobati penyakitnya, ia pun bekerja sebagai penjaga di sebuah kampus. Kabarnya, ia menjadi pemeriksa identitas di perpus.

* Karena bekerja di perpus cukup santai (dan membosankan bagi Sophia), ia jadi punya anyak waktu untuk berkreativitas. Sophia pun iseng-iseng membuat toko online di e-Bay, berjualan pakaian vintage yang ia beri nama Nasty Gal.

* Setelah dijalani, ternyata Sophia sangat excited dengan kegiatan barunya. Ia punya taste yang bagus, dan berusaha mengemas jualannya sebaik mungkin. Usaha ekstra dan passion-nya membuahkan hasil. Nasty Gal pun mulai dikenal, hingga akhirnya meraih sukses.

Kutipan inspiratif:

There are secret opportunities hidden inside every failure.

 

(sumber gambar: diabetes.org.uk, thinking-minds.net, newestablishment.net, mollyfox-mua.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1